Bayi/independent.co.uk
Health

Ini yang Bisa Dilakukan agar Berat Badan Bayi Meningkat

Dewi Andriani
Sabtu, 25 Agustus 2018 - 06:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Setiap orang tua pasti ingin agar bayinya sehat dan memiliki berat badan yang sesuai dengan usianya. Namun, sering kali hal tersebut sulit tercapai karena si kecil sulit untuk makan.

Nah, agar bayi lahap menikmati makanan pendamping Air Susu Ibu (ASI), orang tua ternyata boleh menambahkan sedikit garam atau gula serta bumbu aromatik sehingga rasa makanan bisa lebih bervariatif. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan selera makan sehingga bayi lebih lahap.

Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Brawijaya Margareta Komalasari  mengatakan bagaimanapun juga bayi sudah bisa merasakan dan menikmati makanan yang nikmat dan lezat. Jika bayi makan dengan lahap, nutrisi yang didapatkan akan optimal sehingga bisa meningkatkan tumbuh kembangnya.

“Anak mungkin susah makan karena rasanya yang cenderung hambar. Sekarang, ibu bisa menambahkan garam dan bumbu aromatik asalkan masih dalam batas yang wajar,” tuturnya, belum lama ini.

Margareta menambahkan menu Makanan Pendamping ASI (MPASI) dapat dikonsumsi tiga kali sehari setiap jam makan anak. Di sela-sela waktu makanan pokok, ibu bisa memberikan buah-buahan atau camilan sehat kepada anak.

Sementara itu, ketika berat badan si  kecil sulit bertambah dan tidak sesuai dengan usianya, orang tua dapat menambahkan lemak ke dalam menu makanan. Lemak bisa berasal dari minyak kelapa, minyak zaitun, maupun butter.

Orang tua juga bisa mengolah menu yang berasal dari protein hewani seperti ikan, ayam, atau daging dengan cara digoreng menggunakan minyak kelapa agar makanan lebih berlemak.

“Bisa juga untuk memberikan tambahan double protein hewani di dalam menu makananya. Agar tidak bosan, protein hewani ini bisa divariasikan. Bisa juga memberikan buah-buahan yang mengandung tinggi lemak seperti alpukat,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro