Kerumunan warga yang berkumpul di sekitar foto bintang Aretha Franklin di Hollywood Boulevard di Los Angeles, California, AS, 16 Agustus 2018/REUTERS
Musik

Aretha Franklin akan Dimakankan Hari ini

Ilman A. Sudarwan
Jumat, 31 Agustus 2018 - 19:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Aretha Franklin, ratu musik soul yang menutup usia pada bulan ini akan dimakamkan di Detroit, Jumat (31/8) waktu setempat. Pemakaman akan dihadiri oleh mantan Presiden AS Bill Clinton dan diiringi oleh nyanyian dari Stevie Wonder.

Dikutip dari Reuters, pemakaman yang akan dilakukan di Detroit Grace Temple itu juga akan diikuti dengan penampilan sejumlah musisi seperti Chaka Khan dan Ariana Grande. Bagi mereka, Franklin memberikan pengaruh besar dalam kariernya.

Lagu-lagu Franklin di era keemasannya akan dibawakan oleh para musisi. Salah satunya adalah lagu keluaran1967 berjudul Respect yang akan menandai pergerakan HAM yang kala itu diusung oleh para aktivis seperi Jesse Jackson dan Al Sharpton.

Nama Aretha Franklin telah menjadi bagian dari kelembagaan bangsa Amerika Serikat. Dia bernyanyi dalam upacara inagurasi tiga mantan presiden AS, yakni Jimmy Carter, Bill Clinton, dan Barack Obama. Dia juga meraih Presidential Medal of Freedom oleh mantan presiedn George W. Bush pada 2005.

Franklin meghembuskan nafas terakhirnya pada 16 Agustus di Detroit karena penyakit kanker pankreas yang dideritanya. Dia memulai kariernya sebagai penyanyi gospel di Gereja New Bethel Baptist, gereja di mana ayahnya C.L. Franklin mengabdi sebagai pastur.

Sebelum dikuburkan, jenazahnya dibaringkan di Charles H. Wright Musesum of African American History selama 2 hari pada pekan ini. Dia selanjutnya akan dibaringkan di tempat peristirahatan terakhirnya di Detroit Woodlawn Cemetery, berdampingan dengan makam ayah, dan saudara kandungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro