Ilustrasi pameran sketsa/Antara
Fashion

Galeri Nasional Indonesia Selenggarakan Pameran Sketsa "[Re]Kreasi Garis"

Aprianus Doni Tolok
Selasa, 4 September 2018 - 17:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Galeri Nasional Indonesia menyelenggarakan pameran sketsa yang menampilkan hasil karya sketchers Indonesia pada 4 - 16 September 2018 di Jakarta. Pameran ini bertajuk "[Re]Kreasi Garis" diawali dengan open call bagi para sketcher Indonesia untuk mengirimkan karya sketsa terbaik mereka.

Kemudian, karya-karya yang masuk diseleksi oleh tim kurator pameran; Bambang Bujono, Beng Rahadian, dan Teguh Margono. Sebanyak 446 karya dari 265 sketcher yang masuk terpilih 234 karya dari 138 sketcher. Karya-karya itulah yang disajikan dalam pameran "[Re]Kreasi Garis".

Sebagian sketchers tergabung dalam komunitas-komunitas sketsa maupun seni rupa lainnya seperti KamiSketsaGalNas, Bogor Sketchers, Cianjur Sketcher, Indonesia's Sketchers Jogja, dan Beranda Seni Online.

Karya-karya sketsa yang ditampilkan adalah yang bersentuhan dengan garis dengan objek beragam seperti gedung, lansekap, aktivitas, dan figur atau potret.

Menurut kurator Beng Rahadian, pameran kali ini merupakan representasi wacana perkembangan sketsa dari masa ke masa.

"Sejauh manapun sketsa berkembang, ada konteks akar seni yang dapat ditelusuri" ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Galeri Nasional Indonesia (4/9/2018).

Sedangkan Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto mengatakan pameran ini ingin melakukan jelajah pemetaan seni rupa melalui karya-karya sketsa di Indonesia sebagai fungsi sketsa yang sangat kompleks, bukan hanya sebagai perekam kejadian tetapi lebih lanjut sebagai ungkapan visual yang artistik, sehingga merepresentasikan identitas bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro