Ilustrasi pengoperasian fix crane. Untuk petugas operator crane, kini tersedia kantong urine portabel./Bisnis-Akhmad Mabrori
Health

Cegah Batu Ginjal, RS PHC Luncurkan Kantong Urine Portabel

Peni Widarti
Rabu, 5 September 2018 - 21:02
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA – Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (PHC) meluncurkan produk P3pot atau kantong urine portabel yang cocok digunakan untuk kebutuhan operator crane dan pekerja yang berada di ketinggian.

Direktur Utama PT PHC Agus Akhmadi mengatakan alat P3pot tersebut cocok untuk orang yang bekerja di ketinggian atau pada saat mengoperasikan alat berat.

"Jadi, ketika mereka ingin buang air kecil, mereka bisa kerja lebih tenang, lebih efisien, dan lebih aman karena tidak harus naik turun," katanya dalam rilis, Rabu (5/9/2018).

PT PHC merupakan anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, BUMN yang bergerak dengan bisnis inti bidang kepelabuhan.

Agus menjelaskan kebutuhan orang dewasa muda saat bekerja selama 8 jam dapat memproduksi urine hingga 600 cc.

Adapun, untuk pekerja yang berumur 30 tahun lebih untuk waktu kerja yang sama kecenderungannya sudah tidak bisa menahan kencing, sehingga setidaknya perlu sekali ke kamar kecil.

Untuk itu, lanjutnya, setiap kemasan P3pot sudah disiapkan serbuk super absorbent polymer (sap) yang akan menggumpal ketika bereaksi dengan 600 cc cairan urine.

"Dengan menyediakan P3pot saat bekerja, operator crane dapat terhindar dari risiko pembengkakan ginjal, infeksi saluran kemih, dan batu ginjal," tuturnya.

Selain itu, P3pot tersebut juga dilengkapi dengan tisu basah agar lebih higienis dan untuk mengakomodasi tata cara bersih diri sesuai dengan kepercayaan.

P3pot akan mulai diproduksi untuk melayani kebutuhan para operator crane di terminal-terminal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Setidaknya ada kebutuhan hingga 54.000 kantung per tahun di pelabuhan ini. Harga jualnya hanya Rp11.500 per kemasan yang bisa digunakan dua hingga tiga kali," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro