Alpukat/boldsky.com
Health

Manfaat Makan Alpukat untuk Kesehatan

Newswire
Sabtu, 8 September 2018 - 01:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Alpukat mengandung segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk ibu hamil, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga meredakan depresi.

Hanya saja, ada kebiasaan yang menyebabkan konsumsi alpukat justru berujung bencana, salah satunya saat menambahkan susu kental manis ke dalam jus alpukat.

"Alpukat boleh sebagai camilan. Jeleknya kalau dikasih susu kental manis, kandungan gulanya tinggi. Kalau terlalu manis gula darah bisa naik," ujar dokter spesialis obestetri dan ginekologi dari Morula IVF Indonesia, dr. Merry Amelya, SpOG di sela gelaran "Fertility Science Week" yang diselenggarakan Morula IVF Indonesia di Jakarta, Jumat (8/9/2018).

 Jika ibu hamil memiliki kadar gula yang tinggi, maka janin yang dia kandung juga memiliki kondisi serupa, akibatnya bayi akan terlahir sangat besar. Inilah yang mencetuskan bayi raksasa.

 Merry menyarankan para ibu hamil mengonsumsi langsung alpukat, atau tanpa harus dibuat jus dan semacamnya.

 "Makan langsung saja. Toh sekarang alpukat bagus-bagus, yang hijau-hijaunya baik. Jangan lupa juga konsumsi protein tinggi, sayur-mayur, ditambah susu dan asam folat," kata dia.

 Selain membantu mengurangi gejala depresi, alpukat juga ampuh mampu melawan munculnya sindrom metabolik, yang termasuk dalam kelompok faktor risiko gula darah tinggi, kolesterol, tekanan darah tinggi, dan meningkatnya indeks massa tubuh.

Faktor - faktor risiko ini bahkan meningkatkan risiko munculnya diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular, menurut sebuah tinjauan Phytotherapy Research seperti dilansir Science Daily.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro