Ilustrasi/Webmd
Health

Kenali Hak-hak Anak yang Harus Di Penuhi

Putri Zakia Salsabila
Rabu, 12 September 2018 - 12:45
Bagikan

Bisnis.com,  Jakarta – Anak adalah generasi dan penerus bangsa di masa depan. Dengan didikan yang baik serta hak-hak yang terpenuhi, anak akan menjadi generasi emas.

Setiap anak memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan selalu ingin mencoba segala hal yang baru mereka temui. Hal ini sebaiknya diarahkan dan diawasi oleh orang tua untuk mendukung perkembangan pola fikir dan mental anak.

Menurut konvensi hak anak yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 1989, berikut 10 hak anak yang dibutuhkan anak untuk berkembang menjadi generasi emas.

Hak untuk bermain, Hak bermain bagi anak adalah sebuah hak mendasar yang harus didapatkan. Anak akan menemukan banyak hal yang belum mereka tahu sebelumnya dari kegiatan bermain dan dapat meningkatkan imajinasinya untuk menciptakan banyak ide. Lebih baik, kegiatan bermain dilakukan diluar rumah dengan bimbingan dan pengawasan orang tua.

Generasi yang sehat fisik dan mental bisa kita bentuk dengan cara mengajak anak bermain bersama tanpa menggunakan gawai. Ajak anak-anak bermain di halaman rumah, mengenal alam dan kegiatan-kegiatan yang belum mereka dapatkan disekolah.

Hak kedua yang dibutuhkan anak yaitu hak untuk mendapatkan pendidikan. Setiap anak membutuhkan pendidikan yang layak. Terlepas dari pendidikan disekolah, pendidikan yang langsung didik oleh ibu atau ayahnya dirumah sangat berpengaruh terhadap kesehatan mentalitas anak. Kegiatan yang bisa dilakukan seperti latihan motorik, latihan pengenalan huruf, bercerita dan mewarnai.

Kurangnya pendidikan didalam rumah, akan berdampak buruk bagi mental seorang anak disekolah, anak cenderung tidak percaya diri untuk bertanya, malu terhadap teman-temannya karena masih belum bisa melakukan tugas yang diminta oleh guru, serta kecenderungan untuk tidak semangat dalam belajar, hal tersebut akan menghambat perkembangan anak di usianya.

Hak ketiga yaitu, hak untuk mendapatkan perlindungan. Setiap anak membutuhkan arahan untuk belajar menolak orang lain yang ingin melakukan pelecehan terhadapnya. Ajari anak untuk menolak dan mengucapkan tidak, apabila orang lain ingin menyentuh bagian tubuhnya, dan kenali anak bagian tubuhnya yang memiliki batasan privasi.

Hak keempat, yaitu hak untuk mendapatkan Akta Kelahiran, hak untuk mendapatkan status kebangsaan. Kini, anak memiliki kesempatan untuk memiliki KIA (kartu Identitas anak) yang diterbitkan oleh Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten/kota.

Hak lainnya yaitu hak untuk mendapatkan makanan dan akses kesehatan. Anak memiliki hak untuk mendapatkan makanan yang bergizi guna mendukung perkembangan otak dan tumbuh kembang anak.

Hak rekreasi, hak kesamaan dan hak berperan dalam pembangunan, bisa juga di berikan dan diarahkan oleh kedua orang tua dan keluarganya. Apabila semua hak diatas dipenuhi, kita telah berusaha untuk menciptakan generasi emas Indonesia selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro