Infeksi jamur/Istimewa
Health

Obat Rumahan untuk Mengatasi Infeksi Jamur pada Pria

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Kamis, 13 September 2018 - 13:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Infeski jamur sering terjadi pada perempuan. Namun, kasus infeksi jamur  juga dialami oleh laki-laki dengan ditandai peradangan di area genital pria.

Infeksi jamur di sekitar genital disebut balanitis candidal atau balanitis. Infeksi jamur pada laki-laki bisa terjadi ketika berhubungan seksual dengan pasangan perempuan yang ternyata terindeksi memiliki infeski jamur di area kelamin. Jika tidak diobati segera, infeksi ini dapat menyebar ke aliran darah dan berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda di masa depan.

Dilansir Boldsky.com, pada laporan yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Microbiology Reviews, jamur Candida bertanggung jawab untuk 30-35% dari semua kasus balanitis kandida.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 16-26% laki-laki terinfeksi jamur ragi pada kelamin dan sekitar 37% lainnya tidak mengalami gejala

Berbagai sistem pengobatan tersedia untuk infeksi jamur ini, salah satunya pengobatan rumahan. Ada lima bahan yang dapat Anda gunakan sebagai ramuan obat untuk menyembuhkan  infeksi jamur di area genital pria, yaitu;

1.  Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh mengandung sifat antibakteri, antiviral, antiprotozoal dan antijamur. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak esensial ini memiliki kemampuan untuk membunuh sejumlah besar ragi dan jamur. Dalam banyak penelitian, minyak pohon teh diuji pada Candida, yang merupakan salah satu ragi yang paling umum. Disimpulkan bahwa minyak esensial ini dapat membunuh ragi ini karena sifat antijamurnya.

Cara membuatnya: campurkan 3-5 tetes minyak pohon teh dengan 1 tetes minyak lainnya seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Rendam minyak dengan kapas dan aplikasikan di sekitar kepala penis.

 2.  Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah bahan rumahan lainnya yang dapat mengobati infeksi jamur pada kelamin. Cuka sari apel memiliki kandungan antijamur yang dapat melawan Candida. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat membunuh kelebihan ragi dalam tubuh.

 Cara membuatnya: campur 1 sendok teh cuka sari apel dengan beberapa tetes air dan oleskan pada penis.

 3.  Plain Yogurt

Yoghurt tanpa pemanis mengandung probiotik yang mengembalikan bakteri sehat dalam tubuh dan dapat menyeimbangkan jamur. Sebuah penelitian pada 2006 menemukan bahwa jenis probiotik tertentu dapat memerangi beberapa ragi yang menyebabkan infeksi.

Cara membuatnya: konsumsi plain yogurt akan memerangi Candida yang ada di dalam tubuh Anda dan boleh juga untuk dioleskan ke area genital asalkan anda meyakini bahwa yogurt tersebut mengandung bakteri hidup (Lactobacillus).

4.  Minyak Kelapa

Sebuah penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa minyak kelapa mengadnung sifat antijamur yang memiliki kemampuan untuk membunuh Candida albicans. Ditemukan juga bahwa jumlah minyak kelapa yang diperlukan untuk mengobati infeksi lebih sedikit dibandingkan dengan obat antifungal flukonazol.

Cara membuatnya: gunakan minyak kelapa organik yang masih mentah dan oleskan di sekitar genital. Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa hangat dan dikombinasikan dengan minyak esensial antijamur yang kuat seperti minyak pohon teh atau minyak oregano.

5.  Minyak Oregano

Minyak oregano yang terbuat dari oregano liar yang disebut Origanum vulgare mengandung dua senyawa antijamur ampuh yang dikenal sebagai timol dan karvacrol. Kedua senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan ragi dan memberikan bantuan Candida untuk mengobati infeksi jamur pada area genital.

Cara membuatnya: campurkan 3-5 tetes minyak oregano ke dua sendok makan minyak almond manis, kelapa hangat atau minyak zaitun. Oleskan campuran ini dengan bantuan kapas dan aplikasikan ke sekitar genital Anda sampai sembuh.

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur di mana bahan dapur ini dapat digunakan untuk mengobati infeksi ragi.  Sebuah penelitian membandingkan efektivitas krim yang terbuat dari thyme dan bawang putih dengan clotrimazole, krim ini kemudian digunakan untuk mengobati infeksi ragi. Studi ini menemukan bahwa krim thyme dan bawang putih memiliki kemampuan penyembuhan yang sama dan mengurangi efek samping.

Cara membuatnya: pertama, gunakan tisu kering untuk membersihkan kotoran dari alat kelamin Anda. Ambil satu siung bawang putih dan buat menjadi pasta. Lalu oleskan ke sekitar penis Anda yang terinfeski dan biarkan selama satu jam atau semalaman lalu cucilah.

Laki-laki dengan infeksi jamur dapat menggunakan pengobatan rumahan ini karena dianggap aman. Tapi, jika ternyata pengobatan rumahan tidak berhasil , maka kemungkinan Anda telah terkena infeksi menular seksual, atau memiliki infeksi jamur kronis yang memerlukan bantuan dokter. Anda juga harus menghindari penggunaan pengobatan rumahan jika Anda tidak yakin dengan gejala apa yang Anda alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : https://www.boldsky.com/health/disorders-cure/2018/home-remedies-treating-yeast-infection-men/articlecontent-pf198754-125413.html
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro