Wanita hamil/telegraph.co.uk
Health

Normal kah Menjadi Pelupa Saat Hamil?

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Minggu, 16 September 2018 - 06:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kehamilan dapat merubah banyak hal pada diri perempuan baik perubahan secara fisik, mental dan perubahan emosi. Semua perubahan yang terjadi saat sedang mengandung merupakan bagian dari perubahan hormonal saat sedang hamil.

Salah satu perubahan yang menyerang beberapa ibu hamil adalah mudah lupa. Apakah Anda atau istri anda pernah mengalaminya? Jika iya, maka itu adalah gejala yang sering disebut ‘momnesia’.

Perubahan hormon menyebabkan perubahan pada fungsi otak ibu hamil dan menyebabkan gejala lupa ‘sementara’ bagi para ibu hamil. 50% ibu yang sedang mengandung biasanya menghadapi masalah ini dan mengalami gangguan konsentrasi. Fenomena ini disebut sebagai momnesia atau pregnancy brain.

Apa itu Pregnancy Brain atau Momnesia?

Studi yang dilakukan untuk menemukan kebenaran di balik masalah ini mengungkapkan bahwa mudah lupa saat sedang mengandung memang terjadi dan bukanlah sebuah mitos, seperti yang diyakini oleh banyak orang.

Hasil penelitian yang dilakukan kepada sekitar 412 wanita hamil, 272 ibu dan 386 wanita yang tidak hamil menemukan fakta ketika orang yang sedang hamil harus mengerjakan tugas yang berhubungan dengan pikiran, maka wanita hamil mendapatkan hasil yang buruk

Meskipun tes klinis menunjukkan bahwa tidak ada perubahan struktural di otak ketika seseorang sedang hamil, penelitian menunjukkan bahwa perubahan fungsional di otak terjadi selama kehamilan. Perubahan-perubahan fungsional ini menyebabkan Anda menjadi pelupa. Fenomena ini bersifat sementara dan ingatan Anda akan kembali normal usai melahirkan.

Jadi, jika Anda sedang hamil dan pusing menghadapi masalah kehilangan kunci rumah, kehilangan dompet, atau lupa ingin membeli bahan-bahan masakan apa saja saat ke pasar maka jawabannya adalah Anda harus merasa santai dan tenang. Namun, jika Anda butuh sesuatu untuk disalahkan, maka salahkanlah perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh Anda. Tenang, gejala ini umum terjadi.

Tips menghadapi gejala ‘momnesia’

Nutrisi yang telah diidentifikasi membantu mengurangi gejala kehilangan memori adalah zinc, magnesium, dan asam lemak omega-3.

Makan blueberry, kelapa, kacang kenari, tomat, biji-bijian dan sebagainya. Dilansir dari Boldsky.com, berikut adalah tips untuk menghadapi momnesia:

  • Simpan barang-barang di tempatnya. Tempatkan segala sesuatu dalam urutan tertentu di rumah.
  • Jika Anda menemukan bahwa ingatan Anda tidak dapat diandalkan, mulailah mencatat tentang aktivitas yang Anda perlu lakukan atau rencanakan.
  • Perangkat mnemonik dapat membantu. Ketika Anda bertemu dengan orang baru, Anda biasanya menanyakan namanya, tetapi kemudian Anda melupakannya beberapa saat kemudian. Nah, Anda bisa menemukan sebuah solusi yang akan membantu Anda mengingat nama orang itu dengan lebih baik. Bentuk solusinya adalah menyamakan namanya dengan hal-hal yang sudah terbiasa Anda ingat (misalnya, menghubungkan nama seseorang dengan nama bunga).
  • Otak ibu hamil yang mengalami masalah kurang tidur tidak dapat berfungsi dengan benar. Cobalah untuk beristirahat dan tidur setidaknya 8 jam setiap hari.
  • Olahraga atau melakukan yoga dapat membantu Anda bebas dari stres. Anda dapat memastikan pikiran Anda sehat dengan melakukan latihan yoga ringan setiap hari.
  • Jangan terlalu banyak bekerja. Bagikan tugas rutin harian dengan pasangan atau anggota keluarga Anda.

Perasaan akan menjadi ibu pastinya sangat indah, tetapi terlepas dari seberapa banyak kebahagiaan yang akan segera dihadirkan si janin ke dalam hidup Anda, Anda harus berurusan dengan masalah hormonal terkait kehamilan.

Beberapa masalah hormonal dapat ditoleransi dan dapat disembuhkan melalui obat-obatan, sementara beberapa masalah di antaranya sangat umum dan tidak ada banyak yang dapat Anda lakukan tentang hal itu - salah satunya adalah pregnancy brain atau momnesia.

Terimalah hal tersebut sebagai fase yang akan segera berlalu. Berfokuslah pada tahap-tahap bahagia kehamilan Anda dan manfaatkan kiat-kiat di atas untuk menangani momnesia sehingga Anda dapat merawat tubuh Anda saat sedang mengandung dengan cara yang jauh lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : https://www.boldsky.com/pregnancy-parenting/prenatal/2018/momnesia-is-it-normal-to-be-forgetful-when-you-are-pregnant-125267.html
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro