Daun kelor/Istimewa
Health

Manfaat Tak Terduga Kelor: Obat Kanker hingga untuk Kecantikan

Putri Salsabila
Minggu, 16 September 2018 - 19:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kelor atau Moringa oleifera adalah tumbuhan yang kaya akan manfaat. Kelor telah menjadi obat di Eropa. Bahkan, kelor diproduksi menjadi obat, parfum atau produk kecantikan.

Semua bagian kelor bisa dimanfaatkan. Buah kelor yang disebut kelentang, sering digunakan untuk tambahan sayur pada masakan. Bunga kelor yang sangat wangi dproduksi untuk pembuatan parfum sejak lama oleh beberapa produk kecantikan, kemudian daunnya memiliki puluhan khasiat untuk tubuh.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menganjurkan agar anak-anak dan bayi mengonsumsi daun kelor, karena khasiat tumbuhan ini dapat mencegah dan meningkatkan kekebalan tubuh anak dari gizi buruk. Hal itu telah dilakukan oleh negara Somalia, Etiopia, dan Sudan.

Kelor adalah obat kanker, sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letters. Adapun kanker yang dapat diobati secara alami dengan mengonsumsi kelor, yaitu kanker payudara, kanker paru, dan kanker kulit.

Hal itu disebutkan karena kelor memiliki antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lan yang mampu menangkal radikal bebas dan menekan pertumbuhan sel kanker.

Kelor yang kaya vitamin C dan E, juga mampu melindungi tubuh dan memperbaiki jaringan kulit pada wajah, selain untuk terhindar dar jerawat, kelor bisa meghilangkan secara alami noda hitam, flek hitam pada wajah dan bintik bintik merah karena kelor dapat membersihkan darah kotor.

Walaupun kelor tidak memiliki unsur merah pada daun, faktanya kelor kaya akan vitamin A, melebihi wortel dan tomat, karena kelor memiliki kandungan vitamin A. Dalam 100 gram daun kelor terdapat 3390 SI vitamin A.

Berdasarkan penelitian C. Gopelan, yang dilakukan di National Institute of Nutrition di Hyberabad, India, bahwa nutrisi kelor akan semakin tinggi apabila daun kelor dikeringkan dan dibubukkan.

Apabila kita ingin mengonsumsi daun kelor, kini sudah banyak industri yang menciptakan obat dan produk dari kelor, dalam berbentuk teh, kapsul, bubuk, makanan olahan. Apabila ingin memiliki wajah yang bersih, kelor juga bisa menjadi pilihan sebagai masker wajah. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Putri Salsabila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro