Aerobik/amazine.co
Health

Tak Hanya Bikin Sehat, Berikut 5 Manfaat Luar Biasa dari Olahraga

JIBI
Senin, 17 September 2018 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Olahraga adalah salah satu cara ampuh untuk tetap sehat. Tak sekadar sebagai aktivitas biasa, olahraga bahkan telah dijadikan sebagai hobi, gaya hidup, hingga profesi.

Jenis olahraga bermacam-macam, manfaatnya pun berbeda-beda. Misalnya, basket dan renang diyakini bisa meninggikan badan, push-up diyakini bisa menumbuhkan otot lengan, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, olahraga tak cuma baik untuk kesehatan tubuh secara fisik saja. Dilansir dari Time dan Healthline, berikut adalah manfaat luar biasa lainnya dari olahraga:

1. Membuat bahagia
Banyak studi menunjukkan bahwa berbagai jenis olahraga, dari berjalan kaki hingga bersepeda, membuat seseorang merasa lebih baik, dan bahkan dapat meredakan gejala depresi.

Olahraga memicu pelepasan bahan kimia di otak (serotonin, norepinefrin, endorphin dan dopamine), menghilangkan rasa sakit, meriangkan suasana hati dan menghilangkan stres.

2. Menjaga kesehatan kulit
Latihan aerobik meningkatkan aliran darah ke kulit, dan juga memberikan oksigen dan nutrisi yang meningkatkan kesehatan kulit, serta membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

"Itulah mengapa ketika orang mengalami cedera mereka harus bergerak secepat mungkin, bukan hanya untuk memastikan otot tidak atrofi, tetapi juga untuk memastikan ada aliran darah yang baik ke kulit," kata Anthony Hackney, seorang ahli fisiologi olahraga di Universitas North Carolina di Chapel Hill, Amerika Serikat.

3. Mengurangi lemak tubuh
Tubuh menggunakan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi. Tetapi setelah berolahraga aerobik, tubuh menjadi lebih baik dalam membakar lemak yang membutuhkan banyak oksigen untuk mengubahnya menjadi energi.

“Salah satu manfaat olahraga adalah bahwa sistem kardiovaskular kita menjadi lebih kuat dan lebih baik dalam memberikan oksigen, jadi kita dapat memetabolisme lebih banyak lemak sebagai sumber energi,” kata Hackney.

4. Memperbaiki kehidupan seksual
Olahraga telah terbukti meningkatkan gairah seksual. Berolahraga secara teratur dapat memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas, yang seluruhnya dapat meningkatkan kehidupan seksual.

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kinerja dan kenikmatan seksual, serta meningkatkan frekuensi aktivitas seksual. Olahraga juga dapat membantu mengurangi risiko disfungsi ereksi pada pria.

5. Memperkuat otot dan tulang
Olahraga berperan penting dalam membangun dan menjaga kekuatan otot dan tulang.

Aktivitas fisik seperti angkat berat dapat merangsang pembentukan otot, terlebih jika ditunjang dengan asupan protein yang cukup. Olahraga juga dapat membantu mencegah osteoporosis, terutama di usia tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro