Health

Lima Buah Ini Paling Manjur Obati Kanker

Newswire
Rabu, 19 September 2018 - 13:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ilmuwan telah mengungkap sederetan buah paling ampuh yang diklaim mampu mengatasi penyakit kanker, di antaranya lemon, cranberry, apel, anggur, dan stroberi.

Susianto Tseng, Doktor gizi alumnus Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, mengatakan ada 11 buah-buahan yang diambil sebagai sampel dalam penelitian dan dibandingkan dengan kekuatannya dalam menumpas sel kanker.

"Michael Greger M.D. FACLM pada Mei 2013 mengutip sejumlah jurnal ilmiah terkait kemampuan 11 buah-buahan yang umum dijumpai untuk menekan pertumbuhan sel kanker secara in vitro dibandingkan," katanya Rabu (19/92018) seperti dilaporkan Antara.

Perbandingan dilakukan untuk mengetahui buah apa yang paling efektif dari mulai apel, pisang, cranberry, anggur, lemon, jeruk, persik, pir, nanas, stroberu, dan grapefruit.

Susianto mengatakan dari perbandingan tersebut kemudian diketahui lemon, cranberry, apel, anggur, dan stroberi merupakan lima besar buah yang paling efektif menumpas sel kanker.

Pria yang juga Ketua Yayasan Tempe Internasional itu, mengutip artikel dari Dr. Michael Greger yang mengumpulkan berbagai jurnal dan penelitian terkait dengan diet antikanker.

Greger menemukan bahwa senyawa aktif dalam 11 buah-buahan itu efektif dalam menumpas kanker dengan kadar yang bervariasi dari yang tertinggi hingga terendah.

Kanker didefinisikan sebagai pertumbuhan abnormal suatu sel yang menghasilkan benjolan atau tumor yang bisa menyebar atau bermetastasis ke berbagai area tubuh yang lain.

Menurut Susianto, diet dan gaya hidup memainkan peran yang penting untuk mencegah dan mengatasi berbagai jenis kanker, termasuk payudara, prostat, kolorektal, dan kulit.

"Diet yang fokus pada makanan immune-boosting khususnya G-BOMS itu sangat krusial untuk melawan kanker," katanya.

G-BOMS terdiri atas greens (sayuran hijau), beans (kacang-kacangan), mushrooms (jamur), berries, dan seeds/nuts (biji-bijian).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro