Rambut beruban/Istimewa
Fashion

4 Penyebab Rambut Cepat Memutih dan Cara Mengatasinya

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Rabu, 19 September 2018 - 06:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jika ada satu hal yang paling ditakuti perempuan pada rambutnya, hal tersebut pasti ketika uban mulai tumbuh dikepalanya.

Selanjutnya, rambut rontok dan ketombe, namun masalah rambut rontok dan ketombe tidak terlalu menjadi masalah besar karena hal tersebut akan mudah diobati. Lalu bagaimana dengan uban?

Namun, kini Anda tidak perlu merasa khawatir. Anda kini dapat menyingkirkan uban dengan pengobatan rumahan. Ada sejumlah bahan di rumah Anda yang membantu kita menyingkirkan beberapa masalah rambut dan kulit rambut tanpa efek samping.

Salah satu obat rumah yang luar biasa dan efektif untuk menyingkirkan uban adalah kapur barus atau kamper. Namun, sebelum kita membahasnya lebih lanjut, Anda harus tahu lebih dulu tentang penyebab rambut Anda dapat beruban.

Uban disebabkan karena beberapa alasan, salah satu alasan utamanya adalah gen. Akan tetapi, bukan hanya gen yang membuat rambut Anda berubah warna menjadi abu-abu.

Ada faktor lain yang mempengaruhi kualitas rambut. Beberapa penyebabnya adalah;

1.      Bahan kimia

Bahan kimia adalah salah satu hal paling penting yang harus Anda diingat ketika Anda memiliki masalah pada rambut. Salah satu penyebab utama uban adalah bahan kimia. Nah, jika Anda belum pernah mewarnai rambut Anda atau melakukan perawatan rambut jenis apa pun, lalu apa saja bahan kimia yang memengaruhi kualitas rambut Anda? sampo yang Anda gunakan mungkin mengandung bahan kimia berbahaya yang mungkin tidak Anda sadari.

Selain sampo, pewarna rambut atau kondisioner rambut juga dapat mempengaruhi kualitas rambut yang menyebabkan rambut Anda berubah warna atau kepala Anda ditumbuhi uban.

2.      Kebiasaan makan

Kebiasaan makan yang tidak sehat adalah alasan lain yang membuat kepala Anda beruban. Apa yang Anda konsumsi adalah merupakan cerminan kesehatan Anda. Kualitas rambut secara langsung berkaitan dengan kesejahteraan internal Anda. Sehat dari dalam, sehat dari luar. Sederhana, bukan?

3.     Stres

Stres bisa menjadi alasan utama lain untuk tumbuhnya uban. Jadwal sibuk dan gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu alasan uban tumbuh. Alasan lain yang berhubungan dengan stres terkait dengan uban adalah mengonsumsi junk food dan minum alkohol.

4.     Kekurangan Melanin

Kekurangan melanin merupakan alasan lain tumbuhnya uban. Itu terjadi ketika produksi melanin di tubuh Anda terhambat. Mungkin karena kurangnya nutrisi yang masuk ke delam tubuh Anda.

Bagaimana kamper bisa mengobati uban?

Kamper memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antiseptik yang membantu untuk membunuh kutu, melawan rambut rontok, mencegah rambut beruban, sehingga akan memperkuat rambut Anda.

Minyak rambut kapur diperkaya membantu memperkuat folikel rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala Anda. Metode ini juga membantu untuk menyehatkan rambut Anda dan membuatnya mudah untuk dikelola, lembut, dan sehat.

Namun jangan khawatir, karena pertumbuhan rambut putih ini bisa disiasati dengan memakai kamper.

Bagaimana menggunakan kamper untuk mengobati rambut beruban?

Bahan: dua sendok makan ekstra minyak kelapa murni, empat buah bunga kembang sepatu yang masih segar dan dua buah kamper.

Cara membuatnya;

Panaskan minyak kelapa di panci kecil
Ketika minyak mulai panas, masukkan empat buah bunga kembang sepatu segar aduk selama semenit dan matikan api.
Masukkan dua buah kamper di dalamnya.
Biarkan campuran ini mendingin selama beberapa menit, sekitar 20-30 menit.
Ketika sudah dingin, oleskan ke kulit kepala Anda dan pijat memutar perlahan-lahan.
Ulangi metode ini setiap hari sampai mendapatkan hasil yang memuaskan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro