Ilustrasi/Cambridgeinternational
Relationship

Anda Berusia 40 Tahun? Sebaiknya Kurangi Hari Kerja

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 20 September 2018 - 14:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Di sebagian besar negara di dunia, usia pensiun seorang pekerja mencapai 55 tahun atau bahkan hingga 60 tahun.

Sebelum masa pensiun, mereka akan bekerja lima hingga enam hari dalam sepekan, tergantung dengan kebijakan perusahaan tempat mereka bekerja.

Tapi tahukah Anda jika sebuah penelitian telah membuktikan bahwa produktivitas orang ketika mereka mencapai usia 40-an meningkat jika mereka bekerja untuk jam yang lebih sedikit.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di University of Melbourne di bawah Institut Riset Ekonomi dan Penelitian Sosial Institut Melbourne. Mereka mengevaluasi karier, keluarga, dan kesejahteraan individu dan ekonomi para peserta.

Para peneliti kebanyakan menguji kemampuan kognitif peserta. Mereka diuji pada tingkat yang berbeda yang mengharuskan mereka untuk mencocokkan angka dan huruf dalam waktu tertentu dan membaca daftar angka mundur. Setelah tes selesai, para ilmuwan membuat beberapa pengamatan yang menarik.

Menurut para peneliti, seperti dikutip dari laman timesofindia.com, orang yang berusia di atas 40 tahun memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik dan lebih produktif ketika bekerja hanya tiga hari dalam seminggu.

Colin McKenzie, salah satu peneliti yang mengambil bagian dalam studi itu, mengatakan bahwa bertentangan dengan apa yang dipercayai orang, bekerja berjam-jam mungkin tidak terlalu produktif setelah mereka mencapai usia tertentu. Menurutnya, bekerja berjam-jam bisa lebih merusak fungsi otak dibandingkan tidak bekerja sepenuhnya.

Stres dan kelelahan adalah faktor utama yang memengaruhi produktivitas seseorang. Menurut para ahli, ketika orang memasuki usia empat puluhan, mereka harus belajar untuk lebih rileks karena akan membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih baik — baik pribadi maupun profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro