Chamber of Immortality/ahmetgunestekin.com
Show

Seniman Turki Terjemahkan Mitos Lewat Instalasi Tengkorak

Aprianus Doni Tolok
Kamis, 20 September 2018 - 00:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seniman Turki Ahmet Gunestekin menggunakan ribuan tengkorak manusia berbahan logam dan tanduk binatang runcing untuk menceritakan kembali beberapa mitos kuno melalui karya instalasi.

Dia memanfaatkan sebuah hanggar tak terpakai di Istanbul sebagai lokasi berkarya.

Karya yang dinamai Chamber of Immortality itu mengacu pada Epic of Gilgamesh - raja bangsa Sumeria yang berusaha menemukan rahasia kehidupan abadi tetapi sia-sia dan mengarah pada kisah Nabi Nuh yang konon bahteranya terdampar di Gunung Ararat, Turki.

Pada bagian tengah karya terdapat tengkorak logam besar dengan lidah yang menjulur. Seluruh permukaan tengkorak besar dan lidah kemudian diselimuti sekitar 11.000 tengkorak yang lebih kecil. Semua material yang digunakan dibuat dengan tangan.

Di sekelilingnya ada dua dinding melengkung terbuat dari lebih banyak tengkorak dan tanduk hewan.

Menurut sang seniman, tengkorak besar melambangkan Nuh, sementara lidah yang keluar dari mulutnya mewakili hewan.

"Di satu sisi, itu menunjukkan bagaimana konsep manusia dan hewan bersarang satu sama lain," ujarnya seperti dikutip dari Reuters.

Proses pembuatan struktur karya memakan waktu hingga 4,5 tahun dengan biaya US$1 juta. Gunestekin terinspirasi oleh Gobeklitepe, sebuah kuil berusia 12.000 tahun di Turki yang tahun ini menjadi situs Warisan Dunia UNESCO.

Sebagai seorang seniman otodidak, dia dikenal karena teknik yang unik dalam menggambarkan narasi lisan, mitos, dan legenda, terutama dari peradaban Anatolian dan Yunani.

Chamber of Immortality akan dipamerkan di Istanbul pada 20 September 2018 dan selanjutnya dibawa ke London, Berlin, dan New York untuk dipamerkan di tiga kota tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Sumber : Reuters
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro