Seorang ibu menyusui bayinya./Istimewa
Health

Ingin Punya Anak? Ini yang Harus Anda Siapkan

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Kamis, 20 September 2018 - 05:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi orang tua merupakan sebuah anugerah bagi orang sudah berumah tangga.

Jika Anda dan pasangan sudah memutuskan untuk memulai sebuah keluarga, bersiaplah untuk naik roller coaster kehidupan bersiap untuk memiliki bayi.

Jika Anda dan pasangan siap untuk menjadi orang tua. Anda juga sudau harus bisa mengatur keuangan, keamanan pekerjaan dan sebagainya. Mungkin semuanya terlihat mudah, namun Anda juga harus siap secara emosional untuk semua perubahan besar yang terjadi dalam hidup Anda.

Kehamilan merupakan waktu sulit bagi ibu hamil. Hal tersebut karena Anda harus lebih mengutamakan kandungan Anda dibandingkan diri Anda sendiri.

Sebelum menjadi orang tua, inilah saatnya Anda meninjau kembali bagaimana cara hidup Anda selalu ini dan melihat apakah Anda sudah siap secara emosional untuk memiliki anak.

Berikut beberapa hal yang perlu pikirkan juga siapkan secara mental sebelum Anda memutuskan melakukan program hamil, seperti yang Bisnis lansir dari Boldsky.com;

1. Apakah kamu sudah siap mental untuk hamil?

Masa-masa kehamilan adalah waktu di mana Anda perasaan dan pikiran Anda akan berubah karena perubahan hormon yang terjadi. Hal tersebut akan menguras tenaga dan waktu Anda.

Anda mungkin akan dilarang makan atau melakukan sesuatu yang Anda suka. Jika Anda adalah orang yang suka menjalani hidup di jalur cepat, masa-masa ini akan menjadi waktu Anda untuk beristirahat. Jangan membencinya, gunakan waktu ini untuk meninjau kembali hal-hal lain dalam hidup Anda.

2. Apakah kamu siap menjadi seorang ibu?

Menjadi seorang ibu adalah pekerjaan tanpa pamrih, dengan pengorbanan tanpa akhir. Jika Anda terbiasa melakukan hal-hal dengan cara Anda, menjadi seorang ibu pasti akan mengubah diri Anda.

Memberi makan, mandi, menggantikan pakaian popok dan pakaian bayi, menyusui dan sebagainya akan menjadi rutinitas Anda sampai bayi cukup besar untuk mengurus kebutuhannya sendiri. Anda mungkin juga harus mengorbankan karir Anda untuk sementara waktu.

3. Bersiaplah untuk mengorbankan 'Me Time'

Anda harus bersiap, waktu untuk spa, belanja, jalan-jalan dengan teman, makan malam di luar bahkan waktu untuk ke salon yang biasanya Anda lakukan mungkin harus Anda korbankan ketika Anda memiliki bayi.

4. Bersiaplah untuk menghadapi segala ketidaktahuan atau hal-hal baru

Sebagai orang tua, Anda mungkin menemukan situasi tertentu dalam hidup yang mungkin tidak siap Anda tangani. Akan ada banyak waktu ketika Anda benar-benar tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan.

Pada saat seperti itu, penting bagi Anda untuk memikirkan kesejahteraan bayi Anda dan Anda selalu menjaga untuk berpikiran positif.

Dan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan profesional medis jika Anda mengalami masalah dengan bayi. Mereka akan membantu Anda untuk memecahkan masalah yang Anda hadapi.

5. Minta saran kepada mereka yang sudah berpengalaman memiliki anak

Anda pasti akan menemukan banyak orang di sekitar Anda yang sudah hamil dan jadi orang tua. Meskipun setiap kehamilan tidak sama, Anda bisa mendapatkan beberapa petunjuk atau saran baik dari mereka.

Anda dapat bertanya kepada mereka tentang keterampilan manajemen waktu mereka, yang merupakan sesuatu yang mungkin harus Anda ikuti. Juga, rekomendasi dari penyedia tempat penitipan anak yang baik saat Anda bekerja akan banyak membantu Anda.

6. Belajarlah untuk mengelola perasaan Anda

Saat Anda marah atau sedih, penting untuk bersikap netral di hadapan anak Anda karena suasana hati Anda dapat memengaruhi mereka.

Anda harus menemukan cara yang lebih baik untuk menyalurkan perasaan Anda dengan cara yang tidak mempengaruhi bayi Anda. Bahkan, si bayi mungkin menjadi obat untuk menenangkan perasaan Anda.

Banyak ibu merasa tenang dan aman ketika mereka bermain dengan bayi mereka atau menghabiskan waktu bersama mereka. Jika bayi Anda membuat Anda sedih, mintalah bantuan untuk merawat bayi selama beberapa saat sampai Anda merasa lebih baik.

Menjadi seorang ibu tentu tidak berarti bahwa Anda harus melupakan diri Anda sendiri bagi Anda untuk sesekali menghabiskan waktu untuk Anda karena hal tersebut akan membuat Anda dapat meredam emosi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro