Ilustrasi/meioambienterio.com
Health

Satu Langkah Tekan Peningkatan Angka Demensia

Asteria Desi Kartika Sari
Selasa, 2 Oktober 2018 - 20:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Data Alzheimer Disease International mencatat setiap tiga detik terdapat satu orang yang terdiagnosis demensia atau ODD. Jumlah ODD di Indonesia sendiri diperkiran mencapai 4 juta hingga 2050.

Atas kondisi tersebut, Alzheimer Indonesia bersama Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta membentuk Atma Jaya Alzheimer Indonesia (ATZI) Center of Excellent, yaitu sebuah pusat pelayanan terpadu terkait Demensia Alzheimer

Direktur Regional Asia Pacific Alzheimer Disease International Suharya mengatakan dengan adanya pusat pelayanan tersebut diharapkan dapat memudahkan penanganan atau deteksi dini akan adanya demensia alzheimer.

“Hal ini penting karena penanganan demensia alzheimer seharusnya menjadi tugas kita bersama," kata Suharya dikutip Selasa(2/10/2018).

Sebagai pusat pelayanan terpadu, ATZI Center of Excellence akan memberikan informasi yang lengkap kepada para ODD beserta keluarga dan caregiver terkait dengan demensia alzheimer, penanganan ODD, dan berbagai komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari hasil survei yang dilakukan ATZI di Yogyakarta dan Bali terungkap, prevalensi demensia alzheimer di kedua daerah mencapai lebih dari 20%, jauh lebih tinggi dari angka estimasi Alzheimer’s Disease International.

Hal ini menunjukan bahwa masih banyak kasus demensia alzheimer yang belum dilaporkan. Pasalnya, gangguna demensia seringkali luput dari sorotan. Apalagi, emensia alzheimer yang menyerang lansia di atas 60 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro