Piala Oscar/Reuters
Entertainment

Panitia Oscar Umumkan Inisiatif Baru untuk Pembuat Film Wanita

Eva Rianti
Sabtu, 6 Oktober 2018 - 08:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), lembaga penyelenggara Academy Awards alias Oscar mengumumkan serangkaian inisiatif baru untuk mendorong para pembuat film wanita.

Inisiatif bertajuk “Action: The Academy Women Initiative,” ini adalah sebuah program yang akan memasukkan beasiswa satu tahun untuk pembuat film dan eksekutif wanita, pertemuan yang akan menyatukan wanita di seluruh industri, dan direktori yang bertujuan untuk meningkatkan jaringan wanita dan peluang perekrutan.

Pengumuman ini disampaikan pada Kamis (4/10/2018) seiring dengan tekanan dari para wanita di industri film untuk memiliki suara yang lebih kuat, gaji yang lebih baik dan lebih banyak pekerjaan di belakang dan di depan kamera.

“Ketika kami terus melakukan advokasi untuk inklusi, kami merasa terhormat untuk membawa anggota akademi dan komunitas pembuat film bersama-sama untuk mendukung perempuan di semua tahap karir mereka,” kata Kepala Eksekutif Akademi Dawn Hudson dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari Reuters, Jumat (5/10/2018).

Dikabarkan, pertemuan yang menyatukan wanita dalam industri film tersebut akan berlangsung di London dan Los Angeles pada akhir bulan ini.

Sementara beasiswa satu tahun akan diberikan kepada pembuat film wanita yang sedang berkembang di Amerika Serikat dan Inggris.

Organisasi yang memiliki 8.000 anggota ini telah melakukan upaya dalam dua tahun terakhir untuk mendiversifikasi jajarannya yang didominasi oleh kulit putih, tua, dan laki-laki dengan mengundang ratusan wanita dan orang kulit berwarna untuk bergabung dalam barisan.

Pada 2016, AMPAS berjanji untuk menggandakan jumlah wanita dan anggota beragamnya di 2020 mendatang.

Menurut laporan Juni oleh Director Guild of America (DGA), hanya 16% dari 651 film yang dirilis di Amerika Serikat pada 2017 yang disutradarai oleh perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro