Seorang pegawai membawa lukisan Girl With Balloon karya Banksy di rumah lelang Bonhams di London, Inggris, pada 23 Maret 2012./Reuters-Luke MacGregor
Entertainment

Artis Ini Hancurkan Karyanya yang Laku Dilelang Rp20 Miliar

Annisa Margrit
Minggu, 7 Oktober 2018 - 09:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Artis Banksy kembali menjadi perhatian. Namun, kali ini bukan karena dia membuat karya baru secara rahasia seperti sebelumnya.
 
Kali ini, Banksy merusak karyanya sendiri yang dilelang di rumah lelang Sotheby's di London, Inggris. Rumah lelang tersebut melelang lukisan yang berjudul "Girl With Balloon", salah satu karya Banksy yang paling terkenal. 
 
Beberapa saat setelah palu lelang diketuk, yang menandakan karya tersebut sudah terjual ke tangan pemilik baru, kanvas lukisan itu rusak dengan sendirinya seperti kertas yang dihancurkan dengan mesin penghancur. 
 
Ketika hal tersebut terjadi, dalam video yang beredar di media sosial, terlihat orang-orang yang memadati ruang lelang terkaget-kaget. 
 
Dalam akun Instagram resminya, Banksy menunjukkan bahwa dia sengaja menghancurkan karya tersebut. Pada 2006, dengan diam-diam dia memasang mesin penghancur di balik lukisan itu untuk berjaga-jaga jika karya tersebut dilelang atau dijual. 
 
"Tampaknya kita baru saja dikerjai Banksy," ujar Alex Branczik, direktur senior dan kepala seni kontemporer Sotheby's di Eropa, seperti dilansir dari BBC, Minggu (7/10/2018).
 
Lukisan yang menggambarkan seorang anak yang melepas balon merah berbentuk hati itu terjual dengan nilai 1,042 juta pounds atau sekitar Rp20 miliar. Gambar itu sebelumnya berada di sebuah dinding di Great Eastern Street, London. 
 

View this post on Instagram

. "The urge to destroy is also a creative urge" - Picasso

A post shared by Banksy (@banksy) on

Pihak Sotheby's mengaku masih mencari tahu makna dari aksi Banksy tersebut. Belum jelas pula apakah pemenang lelang, yang tidak disebutkan identitasnya, masih harus membayar. 
 
"Kami belum pernah mengalami hal ini sebelumnya.. ketika sebuah lukisan hancur secara spontan setelah mencapai rekor tersendiri bagi si artis," lanjut Branczik.
 
Banksy adalah artis yang sama yang mendirikan The Walled Off Hotel di Tepi Barat, Palestina sebagai bentuk keprihatinannya atas konflik Israel-Palestina dan mendorong dialog perdamaian antara kedua negara. 
 
Dia juga mendirikan taman bermain Dismaland di Inggris, yang alih-alih menawarkan atraksi penuh keceriaan dan warna-warni seperti taman bermain tematik lainnya, justru penuh dengan warna kelabu sehingga terkesan suram.
 
Pada 2017, Banksy memasang grafiti di Dover, Inggris yang menunjukkan seorang pekerja kebersihan menghapus satu bintang di lambang Uni Eropa (UE). Hal ini memperlihatkan posisinya dalam Brexit.
 
Banksy, yang tidak diketahui identitas aslinya dan hanya diketahui berasal dari Inggris, memang memiliki perhatian terhadap isu politik dan sosial. Dia pernah menyatakan tak akan menetapkan biaya atau bayaran bagi publik yang ingin melihat karyanya kecuali ada alasan khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : BBC
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro