Indro Warkop menemani istrinya, Nita Octobijanthy Saleh./Instagram@indrowarkop_real
Health

Kenali Gejala Awal Kanker Paru yang Merenggut Nyawa Istri Indro Warkop

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 10 Oktober 2018 - 14:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Istri komedian Indro Warkop, yakni Nita Octobijanthy, meninggal karena kanker paru pada Selasa (9/10/2018).

Almarhum meninggal setelah menjalani terapi dan dirawat di rumah sakit.  Seperti diketahui, penyakit kanker paru bukan hanya masalah di Indonesia, mengingat salah satu penyebab penyakit ini adalah kebiasaan merokok.

Di Inggris, kanker paru juga banyak ditemukan, dengan gejala awal batuk yang tak kunjung sembuh. Dilansir dari Express.co.uk, berdasarkan data National Health Service (NHS) ada sekitar 44.500 orang di Inggris yang didiagnosis menderita kanker paru setiap tahunnya. Gejala umum penyakit ini datang pada usia senja.

Beberapa ciri penyakit ini adalah batuk yang tidak sembuh lebih dari dua sampai tiga minggu, atau batuk yang sangat panjang bisa menjadi tanda kanker paru.

Dalam banyak kasus, batuk yang lama ini bisa juga disebabkan oleh beragam infeksi bagian dada. Meskipun begitu, jika ada gejala lain, tetap bisa menjadi pertanda penyakit kanker paru. Oleh sebab itu, sangat penting melakukan check-up untuk memastikan sakit yang diderita.

Beberapa gejala lain kanker paru,  selain batuk dan infeksi paru adalah batuk berdarah, ada rasa sakit saat penderita bernapas ataupun sedang batuk, penderita kesulitan bernapas, mudah lelah, dan penurunan berat badan yang drastis tanpa alasan yang jelas.

Beberapa gejala yang tidak umum, namun bisa tergolong tanda kanker paru misalnya jari  mudah bergetar, demam, rasa sakit tenggorokan saat menelan makanan, suara lebih mendesah atau berserak, dan ada bengkak di area wajah dan leher.

Satu dari tiga penderita kanker paru bisa hidup dalam waktu yang cukup lama, berkisar 10 sampai 20 tahun. Meskipun begitu, para penyintas penyakit ini semakin banyak, bergantung pada kapan indikasi stadium kanker itu terdeteksi.

"Hasil diagnosis yang diketahui lebih awal bisa memberi perbedaan yang besar," kata tim NHS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro