Film Game of Thrones/Istimewa
Entertainment

Ini Makna 'Winter Is Coming' Dalam Pidato Jokowi

Aprianto Cahyo Nugroho
Jumat, 12 Oktober 2018 - 15:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah menggunakan Thanos dari film Avengers: Infinity War untuk menganalogikan kondisi ekonomi global, Presiden Joko Widodo kembali menggunakan analogi dari film.

Kali ini, Jokowi dalam pidato pertemuan tahunan International Monetary Fund – World Bank (IMF-WB) 2018 menggunakan istilah dalam serial televisi Game of Thrones (GoT).

Presiden Jokowi mengingatkan semua negara untuk tetap waspada atas risiko ketidakpastian global seperti yang disampaikan oleh Managing Director IMF Christine Lagarde dalam forum ini.

Amerika Serikat (AS) menikmati pertumbuhan yang pesat, tetapi banyak negara mengalami pertumbuhan lemah dan tidak stabil. Perang dagang semakin melebar dan negara berkembang mengalami tekanan di pasar keuangan. 

"Dengan banyak masalah cukup besar. Kita mengatakan Winter Is Coming," tegas Jokowi dalam sambutannya di Plenary Meeting Session, Jumat (12/10/2018).

Terkait dengan perang dagang ini, Jokowi menjelaskan kondisi seperti jalan cerita GoT di mana Great Houses dan Great Families memperebutkan Iron Thrones.

Perebutan kekuasaan bagai sebuah roda besar seiring perputaran roda, satu House menjatuhkan House lainnya.  Namun, mereka lupa ketika mereka sibuk bertarung satu sama lain mereka tidak sadar ancaman besar dari utara muncul, yakni winter evil.

Winter Is Coming merupakan slogan dari House Stark yang merupakan salah satu Great Houses di Westeros, yang disebut sebagai penguasa wilayah Utara yang berusaha untuk selalu siap untuk datangnya musim dingin,

Winter Is Coming juga berarti peringatan akan ancaman. House Stark berada di wilayah Utara, dengan begitu mereka menjadi salah satu House yang mengetahui musim salju sudah datang.

Makna lain dari Winter Is Coming adalah bahwa House Stark merupakan musim dingin itu sendiri, sehingga motto ini juga digunakan untuk mengintimidasi musuh-musuh Stark.

Dalam salah satu episode GoT, tokoh bernama Arya Stark melepaskan seorang wanita dari House Frey dan menyuruhnya memberi tahu orang-orang bahwa musim dingin datang untuk House Frey.

Game of Thrones merupakan serial yang tayang di HBO dan merupakan adaptasi dari seri novel A Song of Ice and Fire karya George Raymond Richard Martin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro