Aktris asal China, Fan Bingbing, berfoto di karpet merah sebelum screening film Ash Is Purest White di Cannes Film Festival 2018 di Cannes, Prancis, pada 11 Mei 2018./Reuters-Stephane Mahe
Entertainment

"Hilang" Berbulan-bulan, Fan Bingbing Terlihat Lagi di Publik

Annisa Margrit
Kamis, 18 Oktober 2018 - 12:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah “hilang” selama beberapa bulan, Fan Bingbing terlihat di publik untuk pertama kalinya.

Dilansir dari CNN, Kamis (18/10/2018), sebuah video yang diunggah dan disebarkan oleh Baidu News menunjukkan Fan meninggalkan Bandara Internasional Beijing pada Senin (15/10) malam.

Aktris asal China itu terlihat mengenakan kacamata hitam dan topi. Di belakangnya, tampak seorang pria membawa payung hitam berukuran besar.

Fan sempat “hilang” setidaknya selama tiga bulan karena tidak pernah muncul di publik sejak Juni 2018. Rumor yang beredar menyatakan dia ditahan oleh otoritas pajak Negeri Panda.

Pasalnya, Fan ketahuan menjalankan kontrak "yin-yang" dalam sejumlah produksi film yang diikutinya. Kontrak "yin-yang" adalah penggunaan dua kontrak yang berbeda dalam menentukan pendapatan yang diterima seorang aktris atau aktor dalam sebuah film.

Kontrak pertama, yang diperlihatkan kepada otoritas pajak setempat, memperlihatkan Fan menerima 10 juta yuan untuk ikut serta dalam sebuah film. Sementara itu, kontrak kedua adalah kontrak pribadi yang tidak ditunjukkan kepada otoritas pajak, di mana dia disebutkan mendapat 50 juta yuan--yang bebas dari pajak--untuk proyek tersebut.

Nyatanya, otoritas pajak China memang memeriksa Fan dan menyatakan dia bersalah karena menghindari pajak. Denda senilai 883 juta yuan, hampir Rp2 triliun, pun dijatuhkan kepada aktris berusia 37 tahun itu dan perusahaannya.

Awal bulan ini, Fan menyampaikan permintaan maafnya kepada publik atas skandal tersebut.

"Saya seharusnya tidak kalah dari keinginan ekonomi, sehingga membuat saya melanggar hukum. Saya meminta maaf dengan tulus kepada masyarakat, teman-teman yang peduli dengan saya, publik, dan otoritas pajak," papar Fan dalam unggahannya di media sosial Weibo, Kamis (3/10).

Fan bisa disebut sebagai aktris terbesar China saat ini, dengan partisipasi di puluhan film, termasuk produksi Hollywood, sejak debut pada 1998. Dia juga pernah menjadi wajah untuk sejumlah merek mewah seperti Cartier dan Louis Vuitton serta menjadi juri di Cannes Film Festival.

Salah satu peran yang membuatnya dikenal pecinta film internasional adalah sebagai Blink dalam film "X-Men: Days of Future Past", yang dirilis pada 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : CNN
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro