Peluncuran Buku Anak Pancong/ Bisnis-Eva Rianti
Fashion

Nongkrong Sejak 1983, Komedian Abdel Achrian Dkk Luncurkan Buku “Anak Pancong”

Eva Rianti
Sabtu, 20 Oktober 2018 - 20:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah merilis buku “Keluarga Berencanda: Semua Akan Lucu Pada Waktunya” pada tahun lalu, kali ini komedian Abdel Achrian meluncurkan buku baru “Anak Pancong”. Buku tersebut ditulis bersama teman-teman nongkrongnya zaman dulu.

Buku tersebut berkisah tentang tongkrongan remaja di warung kopi di seputaran Terminal Rawamangun pada era 1980—1990-an. Abdel merupakan salah satu penulis sekaligus anggota Anak Pancong yang paling dikenal khalayak.

“Kisah di dalam buku ini semuanya orisinil dan unik-unik. Kelucuan saya terbentuk di tongkrongan itu,” ujar Abdel dalam acara peluncuran buku "Anak Pancong" di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (20/10/2018).

Bagi komedian senior ini, tongkrongan Anak Pancong menjadi salah satu tempat yang menempa dirinya termasuk mengasah kemampuan untuk melemparkan kelucuan-kelucuan yang amat berguna bagi kariernya saat ini.

Tongkrongan tersebut disebut Anak Pancong lantaran mereka nongkrong di warung kopi yang juga menjual kue pancong. Lokasinya persis di sebelah Terminal Rawamangun, Jakarta Timur. Namun saat ini warung tersebut sudah tidak ada karena pemiliknya sudah meninggal dunia.

Abdel menceritakan bahwa buku setebal 270 halaman tersebut digagas sekaligus disunting oleh Laksamana Pertama TSNB Hutabarat atau biasa dikenal Cokky Hutabarat dan Sutan Eries Adlin, abang kandungnya sendiri.

Kendati ditulis oleh orang-orang tongkrongan yang cenderung banyak bercanda, buku ini diakui digarap dengan serius.

“Walaupun anak tongkrongan, buku ini dibikin dengan cara dan maksud yang benar dan mengikuti kaidah pembuatan buku. EYD [Ejaan Yang Disempurnakan] dipakai, menggambarkan bahwa kita bisa nongkrong bercanda sekaligus serius,” kata Sutan Eries Adlin, penulis buku tersebut yang juga seorang wartawan senior.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro