Boyband Korea Selatan BTS atau Bangtan Boys/Istimewa
Entertainment

Ternyata, Ini Kunci Sukses BTS Bisa Mendunia

JIBI
Senin, 22 Oktober 2018 - 07:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Boyband Korea Selatan BTS atau Bangtan Boys saat ini tengah sibuk melakukan tur konser dunia bertajuk Love Yourself. Tur konser ini telah dimulai sejak 25 Agustus 2018, dan sejauh ini telah digelar di Korea Selatan, Inggris, Jerman, Belanda, Kanada, Amerika Serikat dan Prancis. Menyusul di Jepang, Taiwan, Hong Kong, Singapura, dan Thailand.

Kesuksesan BTS tak lepas dari peraturan yang harus mereka jalani, termasuk di antaranya diet ketat dan dilarang pacaran. Selain itu, grup yang diawaki oleh Namjoon, Seokjin, Yoongi, Hoseok, Jimin, Taehyung dan Jungkook ini juga rutin berlatih setiap hari.

"Kami berlatih sepanjang waktu. Kami menghabiskan banyak waktu untuk pertunjukan. Saat mempersiapkan sebuah album, kami mengganti semua jadwal selama sebulan hanya untuk mengerjakan album itu dan berlatih. Ketika kami tidak memiliki jadwal selama satu bulan, itu adalah masalah besar," kata Namjoon mewakili BTS.

Namjoon yang memiliki nama panggung RM menambahkan, "Saat kami debut pada 2013 lalu, kami berlatih 12-15 jam sehari."

Ternyata, Ini Kunci Sukses BTS Bisa Mendunia

Sementara itu, sutradara sekaligus koreografer BTS, Son Seong Deuk, berkomentar. "Awalnya, anggota BTS tidak semuanya menari dengan baik seperti yang mereka lakukan sekarang. Saya ingin membuat grup ini berkualitas tinggi dalam hal kinerja. Caranya, dengan banyak latihan."

Popularitas BTS turut terbantu dengan keberadaan media sosial. BTS sendiri aktif mengabarkan tentang diri mereka di Facebook, Twitter, dan Instagram.

"Kami lahir pada waktu yang tepat. Tanpa media sosial, kami tidak akan begitu sukses. Kami sangat beruntung karena kami hidup saat ini. Ketika kami mengunggah tweet, itu diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa," kata Namjoon.

Ternyata, Ini Kunci Sukses BTS Bisa Mendunia

Dalam bermusik, Namjoon mengatakan agensi mereka, Big Hit Entertainment, memberikan kebebasan untuk berekspresi dan berkarya. Setiap anggota BTS bisa memilih tema apapun untuk membuat lagu dan musik. Hal ini terlihat jelas saat BTS merilis album Wings, yang temanya berasal dari roman Demian karya Hermann Hesse. Konsep ini muncul dalam lirik dan video.

"Kami mencoba membuat konteks kami sendiri,” katanya.

Selain itu, BTS juga banyak menulis lagu yang liriknya membahas tentang pengalaman hidup mereka dan apa yang umum dihadapi oleh anak-anak muda seusia mereka.

 “Karena itu berasal dari kehidupan pribadi dan minat kami, kami dapat mengembangkannya sebanyak yang kami inginkan dan itu tidak asing bagi kami, sehingga lebih banyak keragaman dalam cerita yang bisa kita ceritakan dan musik yang bisa kita buat,” kata Yoongi yang juga dikenal dengan nama Suga.

Lagu-lagu BTS juga banyak yang berkisah tentang cara mengatasi masalah seperti depresi dan kecemasan, serta pemberdayaan kaum perempuan dan cara menerima orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Empati, kejujuran, dan kemandirian BTS pun disegani oleh penggemar mereka, ARMY.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro