Mickey Mouse dan Minnie Mouse/Reuters
Fashion

Mickey Mouse Sapa Pecinta Fesyen Indonesia Lewat Kolaborasi Ikat Indonesia

Asteria Desi Kartika Sari
Selasa, 23 Oktober 2018 - 00:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Merayakan ulang tahun ke-90 Mickey Mouse, Disney Indonesia mengumumkan rangkaian acara spesial untuk menyapa penggemar tokoh ikonik dunia itu.

Salah satunya melalui pagelaran busana di Jakarta Fashion Week 2019 di Senayan City. Disney Indonesia berkolaborasi dengan desainer Indonesia, salah satunya dengan desainer Didiet Maulana lewat label Ikat Indonesia.

Didiet mengaku bangga berkesempatan merancang busana berdesai Mickey Mouse. Dia mengatakan modal utama adalah riset yang komprehensif.

"Kami siapkan riset terlebih dulu tentang apa yang ingin kami tampilkan. Di luar negeri, Disney ini gandeng nama brand besar seperti Gucci. Jadi, kami seperti membawa nama negara. Kami serius saat garap riset," tuturnya, di Jakarta Senayan City, Senin (22/10/2018).

Menurutnya terdapat tiga aspek yang dilakukan tim Ikat Indonesia untuk mendesain busana kali ini. Salah satunya adalah tren seni pada saat karakter Mickey Mouse lahir pada 1929. Didiet menyebutkan bahwa saat itu yang sedang naik daun adalah art deco.

Poin lain adalah bagaimana mengawinkan ikon Mickey Mouse dengan karakter tenun ikat.  Aspek terakhir ialah segmen pasar yang hendak dibidik, yakni ditetapkan menyasar kaum muda perkotaan.

Didiet membenarka bahwa proses memadukan ikon Mickey Mouse dengan karakter tenun ikat memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah memadukan warna.

Produk fesyen yang dibuat Ikat Indonesia, salah satunya kain bercorak tenun dengan motif Mickey Mouse pada salah satu sisinya." Kain ini dapat dipakai sebagai kerudung maupun scraft," katanya.

Selain itu, Ikat Indonesia juga mendesain baju khusus untuk boneka Mickey.

Produk fesyen yang dirancang Ikat Indonesia dapat dibeli masyarakat melalui platform e-commerce JD.ID.

Adapun, sejumlah pihak lain yang turut berkolaborasi adalah Matahari, PopU, Suqma, UBS Gold, Sogo, Alfamart, bahkan brand Zara dan Uniqlo.

Sementara itu, Creative Director Suqma Jenahara Nasution mengatakan bahwa pihaknya adalah merek fesyen muslim pertama di Asia Tenggara yang berkolaborasi dengan Disney. Desain Suqma dibanderol mulai Rp 300.000 per piece.

Country Head Disney Indonesia Herry Salim menjelaskan, yang diangkat dari karakter Mickey Mouse terutama keceriaan sosok ini. Kolaborasi Disney dengan lebih dari 50 brand menghasilkan aneka produk, seperti fesyen, mainan, perlengkapan rumah, hingga personal care.

"Kami berusaha berkolaborasi untuk menghasilkan produk yang relevan dengan fans lokal," katanya.

Menurutnya, evolusi Mickey Mouse kerap menjadi inspirasi dunia seni dan fesyen yang menghadirkan koleksi produk untuk remaja hingga dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro