Ibu hamil./Istimewa
Health

Amankah Demam Saat Hamil?

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Selasa, 23 Oktober 2018 - 11:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apakah Anda tengah hamil dan mengalami demam? Barangkali, Anda akan mencemaskan janin di dalam kandungan. Jangan panik, meskipun demam selama kehamilan bisa mengganggu janin, namun masih aman selama suhu tubuh tidak terlalu tinggi.

Sebuah studi menyatakan ada keterkaitan antara kehamilan dan peningkatan denyut jantung saat kehamilan. Oleh sebab itu suhu tubuh di antara 36,6 derajat Celsius sampai 37 derajat Celcius masih relatif aman.

Lebih lanjut, studi ini melaporkan bahwa demam tanpa infeksi memberi risiko pada kelahiran. Jika pada usia kehamilan semester tiga dan memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius, Anda perlu ke dokter, mengecek kesehatan untuk mencegah komplikasi jangka panjang terhadap bayi.

Demam dapat disebabkan infeksi pada kantong kemih dan virus pada organ pernapasan. Beberapa jenis demam disebabkan flu, pneumonia, tonsillitis, virus perut, dan lainnya.

Calon ibu harus memperhatikan sejumlah saran dari dokter untuk mengatasi gejala berupa napas jadi lebih sebentar, sakit pada tulang belakang, sakit perut, dan sakit leher.

Keracunan makanan juga bisa menyebabkan demam pada ibu hamil karena disebabkan oleh virus, dan bakteri. Jika anda mengalami gejala keracunan makanan, segeralah menghubungi dokter.

Untuk sakit perut dan mual selama hamil, bisa jadi mengalami diare. Hal ini menjadi masalah karena menyebabkan dehidrasi, konstraksi, dan persalinan prematur.

Guna mencegah demam, ibu hamil bisa menggunakan aspirin atau ibuprofen, sementara cara tepat mencegah demam adalah sering mencuci tangan agar bebas virus dan bakteri penyebab flu. Ibu hamil juga harus menjauhi orang yang tengah mengalami flu, atau alergi tertentu. Bagi wanita hamil yang memiliki alergi, juga perlu menjaga diri terhindar dari faktor pemicu alergi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro