Ilustasi - Seorang anak makan buah dan sayur./Istimewa
Health

Ternyata, Ini Sebabnya Anak Terlalu Memilih Makanan

Newswire
Rabu, 24 Oktober 2018 - 11:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anak yang terlalu pemilih dalam mengisi perut bisa membuat orangtua pusing tujuh keliling, karena anak cuma mau mengonsumsi makanan tertentu.

Psikolog Ayoe Sutomo mengatakan ada banyak faktor yang menyebabkan anak memilih makanan, termasuk dari sisi psikologi hingga pola makan ibu saat mengandung.

"Ada kalanya kondisi tertentu yang membuat dia tidak nyaman saat makan makanan tertentu. Misalnya saat makan sesuatu dia dipaksa, jadi trauma," jelas Ayoe usai peluncuran es krim Joyday di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Menurut Ayoe, ada juga kemungkinan sang ibu kurang banyak menyantap variasi makanan saat hamil, sehingga anak tidak tidak mengenal banyak rasa.

"Variasi banyaknya makanan yang dimakan ibunya saat hamil mempengaruhi memori rasa pada anak," Ayoe mengungkapkan riset-riset yang pernah dia baca.

Oleh karena itu, orangtua sebaiknya mengenalkan beragam jenis makanan baru sesering mungkin pada anak. Jangan ragu untuk mengeksplorasi resep dan bentuk agar makanan terlihat menggiurkan, misalnya makanan diubah menjadi bentuk binatang-binatang lucu.

Libatkan juga anak dalam memasak. Berikan tugas-tugas sederhana seperti memotong atau mengupas sayur. Keterlibatannya dalam proses memasak akan membuatnya lebih tergerak untuk mencicipi makanan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro