Sejumlah mahasiswa menyalakan lilin dalam aksi peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia di Surabaya, Jawa Timur, Senin (10/9). Aksi yang diikuti mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Perhimpunan Dokter Spesialis Jiwa Indonesia tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah bunuh diri dan upaya pencegahannya./ANTARA FOTO-Moch Asim
Relationship

Ini Komentar Psikolog Tika Bisono Terkait Bunuh Diri Satu Keluarga di Palembang

Eva Rianti
Sabtu, 27 Oktober 2018 - 08:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kasus bunuh diri satu keluarga yang terjadi di Palembang, baru-baru ini, meninggalkan luka mendalam.

Psikolog Tika Bisono mengungkapkan beberapa hal yang bisa dipetik dari kejadian tersebut.

Pertama, jangan menggampangkan persoalan sehari-hari di dalam rumah tangga. Pasalnya, persoalan sehari-hari yang terus didiamkan hingga memuncak bisa saja menjadi bom waktu yang menimbulkan persoalan-persoalan yang lebih besar.

“Persoalan tidak bisa diantengin atau digantungin. Banyak orang menganggap biasa. Walaupun sehari-hari, tetap itu persoalan. Setiap persoalan harus tuntas dan selesai,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (26/10/2018).

Kedua, idealnya suami dan istri bekerja sama. Dengan kerja sama, akan ada pembagian beban yang lebih mudah dikomunikasikan. Baik suami maupun istri menjadi lebih leluasa untuk berbagi dan saling tolong-menolong.

Sayangnya, banyak keluarga yang justru bekerja sendiri-sendiri. Ketika masing-masing memiliki masalah, seperti persoalan pekerjaan, mereka enggan untuk berbagi satu sama lain lantaran menganggap akan membebani pasangan atau membuat masalah semakin runyam.

“Ada kalanya pasangan yang niatnya mau menyelesaikan masalahnya sendiri ternyata tidak bisa. Pada saat gagal, baru pasangannya tahu. Dalam kondisi pasangannya tahu setelah gagal, ini tidak ideal. Seyogyanya ya bareng, stresnya dibagi,” tutur Tika.

Ketiga, pentingnya pola asuh. Pola asuh orang tua sejak kecil ternyata menentukan kepribadian anak di kemudian hari, termasuk ketika telah berkeluarga.

Dia menjelaskan salah satu faktor utama ketidakberhasilan suami istri untuk bekerja sama adalah karena pola asuh dari kecil yang tidak diajarkan oleh orang tua mereka berupa nilai kerja sama. Karena itu, mereka menjadi tidak mengerti makna tolong-menolong, kolaborasi, dan komunikasi dua arah.

“Kalau begini, salah orang tuanya. Siapa juga yang ingin jadi orang kayak begitu? Inginny hidup normal. Pola asuh orang tua seringkali membuat sosok anak menjadi dewasa yang kacau,” lanjut Tika.

Keempat, mempelajari sikap tertutup. Jika sejak kecil anak kurang atau bahkan tidak diajarkan untuk bisa berkolaborasi dengan orang lain, bukan tidak mungkin ketika dewasa menjadi orang yang tertutup dan anti sosial.  

Ngerinya, orang-orang yang anti sosial kadang memiliki prinsip all or none. Orang yang memiliki prinsip ini biasanya memiliki perilaku yang ekstrem, gagal untuk memaknai dan menerjemahkan norma-norma yang berlaku umum.  

“Biasanya pandangan orang-orang ini, ya sudah kita semua pergi. Konsep melakukan kejahatan enggak ada, soalnya punya norma pribadi. Tetapi orang semacam ini kadang tidak kelihatan, bahkan oleh pasangannya sendiri. Ini yang harus diwaspadai,” katanya.

Kelima, dekat dengan anak. Tika berpandangan bahwa jika orang tua dekat dengan anak, maka anak akan menjadi pelipur lara dan penghilang stres, bukan justru menjadi korban emosinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro