Menkes Nila F. Moeloek saat memberikan sambutan pada acara Ekspo Disertasi Kemenkes, Jumat (9/11/2018)./Bisnis-Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Health

Fenomena Air Rebusan Pembalut Wanita Bikin Remaja Fly. Ini Komentar Menkes Nila Moeloek

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Jumat, 9 November 2018 - 13:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini sedang viral kabar tentang remaja fly atau mabuk setelah minum air rebusan pembalut wanita. Hal itu menjadi sorotan berbagai pihak, terutama Kementerian Kesehatan.

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengatakan sampai saat ini dia belum menerima laporan secara jelas kandungan apa yang ada di dalam pembalut wanita sehingga jika direbus airnya bisa membuat orang fly atau mabuk.

"Iya [sudah dengar kabarnya], begini saya belum dapat laporan [secara] betul [mengenai kandungan apa yang terdapat di dalam pembalut wanita sehingga bisa membuat mabuk]," tutur Nila Farid Moeloek usai menghadiri Ekspo Disertasi Kemenkes dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, di Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Nila menuturkan sekilas dia mendengar dari salah satu stafnya bahwa jel yang terdapat pada pembalut wanita bisa jadi penyebab efek mabuk di air rebusan.

"Sekilas [saya dengar] jel-nya itu lho yang dimanfaatkan [memberikan efek mabuk] saya cuma dengar sekilas itu," katanya.

Namun, Nila menegaskan bahwa harus ada penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

"Nah ini kita harus teliti dulu, hati-hati ya, tapi memang ada selentingan [mengenai jel tersebut], itu nanti kita lihat [dari hasil penelitian]," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro