Health

Ini Peran Penting Ayah Mengasuh Anak Perempuan

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Senin, 12 November 2018 - 15:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menurut para psikolog, seorang ayah berperan besar dalam menanamkan nilai dan identitas anak dan secara khusus punya peran menjaga anak perempuan.

Psikolog dari Center for Trauma Recovery UNIKA Soegijapranata, Monika W. Satyajati menyebut, jika seorang ayah berhasil menanamkan nilai kepada anak-anak, khususnya anak perempuan.

Ayah memberikan identitas gender kepada anak-anaknya, perempuan, ataukah laki-laki. Maka seorang ayah tidak perlu cemas lagi pada pertumbuhan si anak. Sebaliknya, jika si ayah gagal menanamkan nilai kepada anak, timbul persepsi buruk.

“Itulah PR penting dari sejumlah permasalahan seorang anak, khususnya anak perempuan,” ungkap Monika kepada Bisnis, Senin (12/11/2018).

Dia menjelaskan, dalam sejumlah kasus yang dia temukan, umumnya kasus-kasus kekerasan yang dialami LGBT ataupun pelacuran, dan perdagangan anak disebabkan karena kosongnya peran ayah dalam keluarga, maupun adanya persepsi yang buruk tentang ayah.

Peran perlindungan ayah menjadi kosong, tidak ada yang menjaga keluarga tersebut. Sementara, dalam kondisi anak perempuan, dia membutuhkan peran seorang ayah untuk melindungi dan menjaganya dari kekerasan.

“LGBT bukanlah penyakit sosial, sebaliknya ada absennya peran-peran dalam keluarga,” sambung Monika.

Monika pun tak menampik bahwa kadangkala persepsi buruk tentang ayah datang dari pihak ibu, begitupula sebaliknya. Oleh sebab itu, Monika berpesan agar pasangan suami-istri harus mengusahakan penyelesaian masalah yang konstruktif, tidak membuat persepsi buruk satu sama lain agar tidak membebani anak.

Dia mengambil contoh, persepsi baik seorang ayah tidak selalu dengan posisi tawar ayah yang baik sebagai pemimpin perusahaan, dan lainnya. Kadangkala seorang maling ataupun pembunuh bisa memiliki persepsi ayah yang baik di mata anak-anaknya selama dia berhasil menjalankan peran sebagai ayah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro