7 Kebiasaan Baik Eratkan Ikatan Anak dengan Orangtua

Sama seperti hubungan pada umumnya, ikatan batin antara orang tua dengan anak bisa dibuat semakin erat melalui kebiasaan hidup sehari-hari.
Tika Anggreni Purba | 15 November 2018 00:09 WIB
Hubungan anak dan orangtua - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sama seperti hubungan pada umumnya, ikatan batin antara orang tua dengan anak bisa dibuat semakin erat melalui kebiasaan hidup sehari-hari. 

 Berikut beberapa kebiasaan baik yang bisa dilakukan orang tua bersama anak untuk mencapai hal tersebut dikutip dari verywell.com : 

 1. Makan bersama

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa makan bersama secara rutin dengan anak memberikan manfaat positif seperti meningkatkan kebiasaan makan yang sehat. Selain itu, makan bersama juga meningkatkan ikatan emosional. 

Apabila Anda sangat sibuk sehingga tidak bisa makan bersama setiap hari, upayakan untuk tetap memiliki waktu makan bersama setidaknya beberapa kali. Frekuensinya tidak harus sering, tetapi berkualitas. Isilah kegiatan makan bersama dengan pembicaraan yang seru dan menyenangkan bersama anak. 

2. Bercerita sebelum tidur 

Sama seperti makan bersama, bercerita sebelum tidur merupakan kesempatan yang baik untuk membangun hubungan dengan anak. Orang tua bisa menanyakan pengalaman anak sepanjang hari. Anak juga sebaiknya mendengarkan pengalaman orang tuanya di hari itu. 

3. Bermain bersama

Kebiasaan bermain bersama juga bisa menjadi pilihan. Sediakan waktu setidaknya 15 menit setiap hari hanya untuk bermain bersama anak. Sekiranya ada waktu, bermain bersamanya di luar ruang seperti bersepeda atau bermain bola. Sebenarnya tidak masalah soal jenis kegiatannya, tetapi pastikan untuk menikmati kegiatan yang menyenangkan bersama.

4. Gandeng dan peluk!

Sentuhan fisik seperti menggandeng atau memeluk anak adalah kebiasaan yang perlu terus dilakukan orang tua. Izinkan anak-anak merasakan betapa orang tuanya mengasihinya melalui pelukan hangat.

5. Saling menghormati

Kegagalan orangtua dalam mendekatkan diri pada anak adalah keinginan untuk dihormati tetapi enggan untuk menghormati anak. Padahal sebetulnya orangtua mesti memahami bahwa melahirkan rasa hormat orang tua bukan dengan memaksa mereka menghormati orang tua.

Cobalah untuk menunjukkan teladan terlebih dahulu, misalnya membiasakan diri di keluarga untuk mengucapkan kata “tolong” atau “terima kasih”. Pelan-pelan, anak akan meniru kebiasaan itu dan sikap menghargai akan lahir secara natural.

 6. Izinkan anak untuk membantu orangtua

Cobalah untuk melakukan pekerjaan rumah tangga bersama dengan anak. Sebenarnya, anak secara natural senang membantu. Libatkan mereka sekaligus mengajari anak untuk latihan melakukan pekerjaan rumah. Jangan lupa memuji kalau mereka dapat melakukannya dengan baik.

 7. Tunjukkan cinta pada anak setiap hari

Lakukan hal-hal kecil yang menunjukkan bahwa orang tua mencintai anak, misalnya menulis catatan kecil di bekal makan siang anak. Anak sebaiknya memahami bahwa dirinya dicintai oleh orangtuanya setiap hari.

 

Tag : keluarga
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top