Lelah Tak Kunjung Reda, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rasa lelah adalah hal yang wajar dan normal. Karena setelah istirahat biasanya rasa lelah itu akan hilang dan tubuh kembali berenergi. Tetapi apa jadinya kalau kelelahan tak kunjung reda?
Tika Anggreni Purba | 18 November 2018 21:28 WIB
Ilustrasi - Digitaltrends

Bisnis.com, JAKARTA—Rasa lelah adalah hal yang wajar dan normal. Karena setelah istirahat biasanya rasa lelah itu akan hilang dan tubuh kembali berenergi. Tetapi apa jadinya kalau kelelahan tak kunjung reda?

Gejala kelelahan yang tidak kunjung reda biasanya ditandai dengan kelelahan kronis, mengantuk, kurang bersemangat, sakit kepala, pusing, sulit berpikir, mudah tersinggung, moody, dan kurang konsentrasi.

Kalau masih lelah walau sudah istirahat, ada banyak kemungkinan penyebabnya. Ada kelelahan yang timbul karena masalah medis seperti gangguan tiroid, anemia, diabetes, dan penyakit jantung. Ada pula kelelahan yang disebabkan oleh gaya hidup seperti kelebihan berat badan, terlalu banyak tidur, gangguan tidur, perilaku sedentari, dan kurang tidur.

Beberapa orang mengalami kelelahan berat gara-gara masalah di pekerjaan atau masalah keuangan. Sebagian besar lagi, kondisi mental dan emosi yang terganggu bisa sebabkan kelelahan berat.

Menurut laporan Lifehack.org, faktor psikologis juga bisa bikin seseorang merasakan kelelahan berkepanjangan. Kondisi psikis yang dimaksud adalah keadaan mental seperti depresi, kecemasan, stres, dan terlarut dalam dukacita.

Akan tetapi, apabila kita merasa bahwa kelelahan yang kita rasakan tidak bersumber dari semua yang kita bahas tadi, ada kemungkinan bahwa kebiasaan kita yang perlu diubah. Masih dari situs yang sama, berikut beberapa cara untuk mengatasi kelelahan yang berkepanjangan:

1.      Mengenali kondisi tubuh
Banyak orang yang merasa bahwa kelelahan bukanlah masalah besar karena ia terlalu terbiasa dengan hal itu. Padahal untuk mengatasi masalah ini, kita harus mau terbuka untuk mengetahui latar belakang apa yang membuat
kelelahan yang kita rasakan tak kunjung reda.


 
2.      Mengurangi kesibukan dan prioritas
Kadang-kadang mengurus terlalu banyak hal membuat kita merasa kewalahan. Nah, jika kita memang sedang berada pada posisi itu, cobalah untuk berhenti sejenak dengan mengurangi kesibukan.
 
3.      Miliki prioritas
Meninggalkan kesibukan bukan berarti tidak memiliki prioritas. Milikilah prioritas yang membuat kita lebih terarah dalam mengerjakan sesuatu.

4.      Belajar lebih banyak bersyukur
Rasa syukur dan kebahagiaan hidup sangat berkaitan. Hanya dengan bersyukur kita bisa merasa lebih percaya diri dan optimis dalam menjalani hidup.
 
5.      Sediakan waktu khusus untuk beristirahat
Entah itu istirahat beberapa jam, libur satu hari, maupun mengambil cuti, waktu-waktu istirahat semacam  ini akan membantu kita untuk memulihkan energi.
 

6.      Sempatkan tidur siang
Tidur siang selama 15-20 menit akan membuat performa kerja kita lebih baik ketimbang tidak memiliki waktu istirahat sama sekali.

7.      Olahraga
Aktivitas fisik akan membantu tubuh menjadi lebih bugar. Tentu dengan tubuh yang bugar kita bisa menjalani aktivitas yang padat tanpa cepat lelah.
                                                                                    
8.      Tingkatkan kualitas tidur dan pola makan sehat
Untuk menghindari lelah dan lesu, tidur yang cukup adalah hal yang harus diutamakan. Tubuh manusia membutuhkan tidur untuk mengisi kembali energi yang terkuras setelah beraktivitas seharian. Jangan lupa memperhatikan pola makan. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang.
 

Tag : kesehatan, lelah
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top