Madu/Istimewa
Health

Cara Menyembuhkan Batuk dengan Bahan Alami

Eva Rianti
Kamis, 29 November 2018 - 09:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika batuk, mungkin secara spontan Anda mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping. Agar lebih sehat, tidak ada salahnya jika Anda beralih ke obat-obatan alami seperti madu, jahe, dan lemon.

Dilansir dari Boldsky, ketiga bahan alami tersebut dapat digunakan sebagai obat rumah tradisional untuk mengobati batuk dan telah mendapatkan reputasi yang baik secara medis.   

Masing-masing bahan ini memiliki khasiat ampuh untuk mengobati batuk dan ketika dikombinasikan, manfaatnya berlipat ganda.

Jahe sering digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi batuk karena sifat analgesik alami. Jahe memiliki komponen obat, termasuk minyak esensial, antioksidan dan oleoresin. Oleoresin dikenal karena kemampuan antitusifnya, yang berarti dapat meredakan dan menekan batuk.

Adapun, madu dianggap sebagai obat yang sangat baik untuk meredakan batuk karena memiliki sifat antibakteri yang membantu menghilangkan bakteri penyebab batuk.

Sementara ,lemon adalah buah jeruk yang kaya vitamin C yang memperkuat kekebalan tubuh. Lemon memiliki sifat antibiotik, antibakteri, dan antiviral yang kuat yang dapat menangkal bakteri dan virus penyebab batuk.

Ketika jahe, madu, dan lemon dikombinasikan, ketiganya akan merangsang kelenjar ludah dan memicu pelepasan lendir melalui saluran udara serta akan menenangkan tenggorokan.

Setelah mengetahui manfaat dari ketiga bahan alami ini, saatnya mengetahui bagaimana cara membuatnya.

Cara Membuat

Bahan

1 cangkir madu

2 lemon

2,5 inci jahe

1 gelas air

Metode

Langkah 1: Kupas akar jahe dan potong kecil-kecil.

Langkah 2: Parut kulit lemon sampai mendapatkan 1-1,5 sendok teh kulit lemon.

Langkah 3: Ambil panci dan tuangkan 1 cangkir air ke dalamnya. Kemudian, tambahkan jahe cincang dan kulit lemon ke dalam air dan aduk.

Langkah 4: Rebus cairan dan biarkan mendidih selama 4-5 menit.

Langkah 5: Saring cairan ke dalam mangkuk sampai panci hanya berisi sedikit jahe dan kulit lemon. Sisihkan ini.

Langkah 6: Ambil panci lain dan tuangkan 1 cangkir madu ke dalamnya. Biarkan ini memanaskan api kecil selama 8-10 menit berikutnya. Untuk jadi perhatian, pastikan madu tidak mendidih karena akan menghancurkan sifat obatnya.

Langkah 7: Setelah madu panas, tuangkan cairan lemon dan jahe yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalamnya. Kemudian, peras 2 lemon dan tuangkan ke dalam campuran ini.

Langkah 8: Di atas nyala api rendah-sedang, terus aduk campuran ini selama 10 menit berikutnya, sampai cairan mulai menggelembung dan mendidih.

Langkah 9: Setelah campuran sudah matang, angkatlah api dan biarkan hingga dingin, sampai hangat untuk disentuh. Kemudian, tuangkan ke dalam stoples kaca. Usahakan jangan menuangnya dalam keadaan panas ke dalam wadah kaca karena dapat menyebabkan retak dan pecah. Selain itu, jangan pula menggunakan wadah plastik.

Dalam pembuatannya, paling tidak Anda membutuhkan waktu persiapan selama 10 menit dan waktu memasak selama 30 menit untuk menghasilkan satu botol.

Untuk instruksi penyimpanannya, usahakan disimpan di tempat sejuk, kering, dan higienis, serta tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Minum ramuan ini tiga kali dalam sehari minimal tiga hari untuk melihat efeknya. Ramuan ini lebih baik dikonsumsi dalam 3 minggu.

Sebagai informasi, orang dewasa dan remaja bisa mengonsumsi ramuan ini karena aman. Sementara, untuk ibu hamil dan bayi lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum minum jahe, madu, dan lemon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro