Peluncuran Buku Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara Diadakan di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Rabu (5/12/2018)/ Bisnis-Eva Rianti
Referensi

Buku Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara Diluncurkan, Kemenko Kemaritiman Turut Andil

Eva Rianti
Rabu, 5 Desember 2018 - 15:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah iseng membuat komik Si Juki Seri Jalan-Jalan ke Korea, akhirnya Faza Meonk juga melahirkan komik Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara. Kelahiran komik teranyarnya ini mendapat dorongan dan dukungan secara langsung dari Kementerian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia.

Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman Agung Kuswandono mengungkapkan bahwa kedekatan karakter Juki dengan para penikmat kisahnya dinilai bisa menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya generasi muda tentang potensi maritim Indonesia.

“Dengan literasi kemaritiman, kita jadi sadar bahwa Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia,” tuturnya dalam acara peluncuran buku “Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Agung menjelaskan bahwa komik tersebut merupakan bentuk sinergisitas dengan Elex Media Komputindo selaku penerbit dan Pionicon, perusahaan startup yang didirikan oleh Faza Meonk selaku kreator konten. Dalam hal ini, Kemenko Kemaritiman menfasilitasi penggarapan komik tersebut. 

Pada edisi perdana Si Juki dalam petualangannya keliling Nusantara ini dimulai dari Labuan Bajo. Selanjutnya, ada sembilan destinasi wisata prioritas lainnya yang diceritakan dalam komik-komik selanjutnya, yakni Danau Toba, Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Gunung Bromo, Mandalika, Taman Nasional Wakatobi, dan Morotai.   

Dalam kesempatan yang sama, Faza bercerita telah berkeinginan sejak lama untuk bisa berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia dalam mengenalkan destinasi wisata Nusantara melalui komik hasil goresan tangannya.  

“Dari dulu sudah pengen kerjasama dengan pemerintah, apalagi bidang pariwisata. Ketika jadi, enggak tanggung-tanggung, ada 10 proyek. Kami anak-anak yang bergerak di industri kreatif merasa dilibatkan dan sangat terapresiasi,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro