Prof Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB usai mengisi acara Seminar Awam Kanker Usus Besar Bisa Dicegah dan Diatasi dan peluncuran aplikasi berbasis Android 'Apa Kata Dokter' di Ruang Senat FKUI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018)./Bisnis-Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Health

Banyak Hoax Kesehatan di Medsos, Ari Fahrial Syam Luncurkan Aplikasi 'Apa Kata Dokter'

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Kamis, 6 Desember 2018 - 14:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyaknya informasi hoax atau kabar tidak benar tentang dunia kesehatan yang saat ini beredar, membuat Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB. merasa miris.

"Ketika banyak informasi kesehatan yang benar di mata masyarakat, maka dengan sendirinya komposisi berita hoax dan tidak hoax akan berimbang dan syukur-syukur apabila judul berita yang benar itu bisa diyakini masyarakat," tutur Ari.

Hal itu disampaikan Ari saat mengisi acara Seminar Awam bertema "Kanker Usus Besar Bisa Dicegah dan Diatasi" dan peluncuran aplikasi berbasis android Apa Kata Dokter. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Senat FKUI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

Ari menuturkan dirinya banyak menemui pasien yang datang kepadanya sudah termakan informasi hoax terlebih dahulu.

"Kenyataannya masyarakat kita terkadang tidak berpikir kritis, jika dia mengetahui informasi tentang suatu hal, tidak tahu sumbernya, langsung di uji coba, misalnya batu empedu, obatin-nya minum garam Inggris," tutur Ari menyebutkan contoh.

"Benar keluar, buang air benar, tetapi batu [empedunya] tetap masih ada, itu diyakini bener, itu," lanjutnya.

Belajar dari pengalaman tersebut Ari akhirnya membuat aplikasi Apa Kata Dokter.

Aplikasi kesehatan berbasis Android ini berisi artikel kesehatan, tanya jawab perihal masalah kesehatan dan seputar pelayanan kesehatan.

Aplikasi ini dikelola langsung oleh Ari. Sayangnya, aplikasi tersebut hanya bisa diakses oleh orang-orang yang sistem smartphone-nya android.

Mengenai hal tersebut Ari mengatakan saat ini aplikasinya masih dalam tahap pengembangan dan akan terus di-upgrade agar bisa diakses juga oleh para pengguna ponsel pintar berbasis iOS.

"Saya ingin masyarakat lebih aware terhadap masalah kesehatannya karena pencegahan akan lebih baik dibanding mengobati, dan banyak hal yang sebenarnya masyarakat bisa cegah agar tidak terkena penyakit, apalagi sedihnya, informasi hoax begitu dahsyatnya [tersebar] di tengah masyarakat sekali lagi kita harus lawan dengan informasi-informasi yang benar," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro