Perut 'six-pack'/Istimewa
Health

7 Tips Diet Agar Perut ‘Six-Pack’

Nancy Junita
Jumat, 7 Desember 2018 - 15:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar orang berpikir bahwa latihan kebugaran adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan otot-otot perut seksi yang kuat.

Otot perut kuat dan seksi yang dimaksud perut ‘six-pack’. Otot  yang kuat dan kencang. Tapi, Anda juga perlu tahu bahwa kombinasi dari tips makan sehat dengan rutinitas kebugaran yang solid akan membuat perut Anda sempurna.

Kebanyakan orang fokus pada makanan untuk mendapatkan perut ‘six-pack’, tetapi hanya setelah beberapa hari, rencana diet mereka menjadi kacau. Alasannya karena tidak berpegang teguh pada aturan atau kiat yang harus dipatuhi saat merencanakan diet.

Seperti diketahui, tubuh  membutuhkan asupan makanan, sehingga diet yang tepat  dan olahraga akan membantu perut ‘six-pack’.

 Dari sisi nutrisi atau asupan makanan, perhatikan 7 hal berikut untuk mendapatkan perut ‘six-pack’ seperti dikutip dari www.boldsky.com:

7 Tips Diet Agar Perut ‘Six-Pack’

 1. Perhatikan Asupan Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat yang ketat tidak baik,  karena itu menurunkan kemampuan tubuh untuk mengisi glikogen. Diet karbohidrat yang ketat  membuat sulit membentuk dan mempertahankan otot

 Otot-otot Anda adalah jaringan aktif yang membutuhkan energi konstan untuk membangun dan mempertahankannya agar lemak cepat hilang. Jadi jika Anda memiliki diet 2.500 kalori setiap hari, Anda bisa mengonsumsi hingga 310 gram karbohidrat.

 2. Makan Banyak Protein

Sertakan makanan kaya protein dalam makanan pokok Anda karena akan membantu membangun otot tanpa lemak, serta membantu membakar lemak tubuh. Juga, Anda akan terkejut mengetahui bahwa dari semua makronutrien, protein tanpa lemak memiliki efek termogenik tertinggi pada tubuh. Ini membantu tubuh dalam memecah banyak kalori.

7 Tips Diet Agar Perut ‘Six-Pack’

 3. Makan Lemak Sehat

Pastikan bahwa Anda memasukkan lemak sehat terutama lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda seperti alpukat, selai kacang, ikan, dan minyak zaitun ke dalam diet Anda. Diet lemak dari sumber-sumber ini akan menjaga tingkat insulin Anda normal yang diperlukan jika tujuan Anda adalah kehilangan lemak perut dan mendapatkan perut ‘six-pack’ yang kencang.

4. Makan Sering-sering
 
Kebanyakan orang makan tiga hingga empat kali sehari, malah sering tidak makan apa pun di antaranya. Mengikuti pola makan ini tidak akan melatih tubuh Anda untuk membakar lemak secara efisien, yang merupakan kunci untuk mempertahankan penurunan berat badan.
 
Anda perlu makan makanan bergizi atau camilan setiap tiga jam untuk memastikan bahwa Anda tidak menginginkan lemak dan permen dan juga lebih banyak glikogen yang disimpan di hati dan jaringan otot.
 
5. Fokus Pada Diet Anda
 
Untuk membakar lebih banyak lemak, dan membentuk perut ‘six-pack, penting untuk fokus pada diet Anda dengan mengontrol porsi makan. Isi piring dengan karbohidrat, protein, dan lemak dalam proporsi yang tepat. Ini akan mencegah Anda mendapatkan lemak tambahan.

7 Tips Diet Agar Perut ‘Six-Pack’

 
 
6. Bahan Bakar Sebelum dan Setelah Olahraga

Sebelum latihan perut, semangkuk muesli dengan yogurt dan beri atau selai kacang dengan roti dan pisang  akan memberi Anda energi untuk berolahraga. Dan setelah latihan, Anda dapat mengonsumsi k buah dan 60-90 menit Anda dapat makan dada ayam dan ubi jalar dengan beberapa sayuran tumis.
 
7. Mulailah Sarapan Berserat
 
Sangat penting untuk memulai hari Anda dengan sarapan berat yang dipenuhi dengan makanan berserat dengan beberapa karbohidrat untuk mengisi perut Anda dan mencegah keinginan yang tidak diinginkan. Dan makanan terakhir pada hari itu, harus dari protein tanpa lemak, daripada karbohidrat karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro