'Black Panther' Cetak Sejarah dalam Nominasi Golden Globe Awards 2019

Film blockbuster produksi Marvel Studios, Black Panther kembali mencetak sejarah.
Iim Fathimah Timorria | 07 Desember 2018 13:06 WIB
Black Panther - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Film blockbuster produksi Marvel Studios, Black Panther kembali mencetak sejarah.

Setelah sukses menjadi salah satu film dengan keuntungan tertinggi selama 2018, film yang menghadirkan sineas keturunan Afrika-Amerika itu menjadi film bertema pahlawan super pertama yang memperoleh nominasi film terbaik kategori drama di ajang Golden Globe Awards.

Black Panther bukanlah satu-satunya film superhero yang pernah masuk nominasi penghargaan Golden Globe. Pada 2016, film Deadpool juga berhasil masuk nominasi. Berbeda dengan Black Panther, Deadpool kala itu dinominasikan di kategori best motion picture, musical or comedy.

Black Panther juga berhasil memperoleh nominasi untuk dua kategori lain. Film superhero yang berhasil mencetak penghasilan kotor US$1,3 miliar ini menjadi nominator untuk best original song dengan lagu All The Stars yang dibawakan Kendrick Lamar dan SZA. Selain itu, komposer Ludwig Göransson juga membawa nama Black Panther dalam kategori best original score.

Nominasi Black Panther kali ini dianggap sebagai momentum pengakuan film bertema pahlawan super di Hollywood. Ajang penghargaan Hollywood acap kali mendiskreditkan film betema demikian.

Dilansir dari CNN, gerakan untuk mendorong pengakuan film bertema pahlawan super meningkat sejak 10 tahun lalu. Tepatnya ketika film The Dark Knight yang disutradarai Christopher Nolan gagal menembus nominasi film terbaik.

The Academy of Motion Picture Arts and Science, penyelenggara Oscars, bahkan mengajukan proposal untuk kategori baru 'film populer'. Alih-alih mendapat dukungan, pihak The Academy membatalkan nominasi baru ini.

Adapun Black Panther akan menghadapi penantang yang berat dalam nominasi film terbaik Golden Globes 2019 nanti. Pesaing lainnya adalah Black Klansman, Bohemian Rhapsody, If Beale Street Could Talk, dan A Star is Born.

Tag : film, Golden Globe Awards
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top