Ilustrasi/Slideshare
Relationship

11 Tanda Calon Pasangan Anda Tidak Stabil Emosinya

Tika Anggreni Purba
Jumat, 7 Desember 2018 - 03:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ketika mencari pasangan, sangatlah penting untuk mengetahui apakah dia itu stabil secara emosi atau tidak.

Orang yang cenderung labil secara emosi, biasanya hanya akan menciptakan drama dalam kehidupan Anda. Bayangkan jika Anda salah pilih, hidup Anda akan dipenuhi drama sepanjang waktu. 

 Menurut catatan Psychologytoday.com, berikut 11 ciri calon pasangan yang emosinya tidak stabil: 

 1.  Sering membuat orang lain marah dan mudah marah

Orang seperti ini sering membuat celoteh, lelucon, atau perkataan tanpa memikirkan konsekuensinya. Sebaliknya, dia juga sangat mudah marah dan kecewa terhadap kekasalahan kecil atau sesuatu yang tidak sesuai dengan ekspektasinya.

2.  Tidak konsisten dalam waktu

Tanda seorang memiliki emosi yang stabil adalah ketika dia mampu berkomitmen dalam segala hal, termasuk waktu. Dia akan datang tepat waktu, menepati janji, dan melakukan apa yang dikatakannya.

3.  Memiliki hubungan keluarga yang dramatis

Terkadang kita bisa menilai seseorang melakui keluarganya. Seseorang yang tidak memiliki kasih sayang yang utuh, perhatian yang baik, dan hubungan yang hangat dengan keluarga umumnya tidak memiliki emosi yang baik.

4. Tidak berempati

Orang ini tidak memiliki kepekaan mengenai keadaan orang lain. Anda dapat menilainya dari responsnya ketika orang lain menghadapi situasi yang membutuhkan empati.

 5.  Selalu berusaha menang sendiri

Ketika Anda mengatakan sebuah pernyataan dia selalu berusaha untuk menyela perkataan Anda seolah ingin melebihi pendapat Anda. Dia tidak rela Anda menjadi pusat pembicaraan sehingga dia berupaya untuk menjadi pusat perhatian. Akan banyak sekali kata “aku..aku..dan aku..”

6. Kaku pada orang lain

Orang-orang seperti ini tidak tahu berterima kasih dan berupaya mengambil keuntungan dari orang lain. Dia merasa baik-baik saja ketika mengabaikan orang lain asalkan dirinya diuntungkan.

7. Tidak mengakui kesalahan

Dia tidak akan pernah mau mengakui kesalahan, sebaliknya untuk menutupi kesalahan itu, dia berbohong atau membuat alasan. Terkadang lebih parah lagi, dia melemparkan kesalahannya sendiri pada orang lain.

8.  Takut pada kritik dan penolakan

Orang yang tidak stabil umumnya tidak memiliki kekuatan untuk menghadapi kritik, evaluasi, maupun komentar orang lain. Dia sangat mudah goyah suasana hatinya menjadi negatif ketika dikritik atau merasa ditolak orang lain.

9.  Lari dari permasalahan

Kalau calon pasangan Anda tidak mau membicarakan atau menyelesaikan konflik, dia adalah tipikal orang yang lari dari masalah. Mereka juga cenderung menghindar dari tanggung jawab. Ketimbang menghadapi, dia memilih untuk lari.

10.  Memiliki banyak cerita dramatis di masa lalu

Jika Anda bertemu dengan calon pasangan yang berganti pasangan setiap tiga bulan sekali, dia perlu dicurigai. Bisa jadi problemnya adalah emosinya yang labil sehingga dia tidak bisa mempertahankan sebuah hubungan dalam jangka waktu yang lama.

11.  Kelihatan tidak bisa menilai cara pandang seseorang

Orang yang emosinya stabil umumnya dapat menilai cara pandang seseorang dengan baik, sehingga komunikasi dengan orang lain menjadi lebih baik. Berbeda dengan orang yang emosinya kurang stabil, biasanya menghadapi orang lain sesuai suasana hatinya saja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro