Foto rontgen sinar-X menunjukkan paru-paru yang terinfeksi tuberkulosis./Reuters-Luke MacGregor
Health

Penderita Diabetes Rentan Terinfeksi Tuberkulosis

JIBI
Senin, 10 Desember 2018 - 08:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes tak semata ditakuti karena penyakitnya, tetapi juga komplikasinya. Salah satu masalah yang bisa muncul akibat penyakit diabetes adalah infeksi tubekulosis (TB).

Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Dicky Levenus Tahapary mengatakan mereka yang menderita diabetes rentan terkena infeksi TB.

"Respons kekebalan tubuhnya turun jadi mudah terkena tuberkulosis. Di lain sisi tuberkulosis memicu peradangan kronis dalam tubuh yang memicu gula darah naik. Jadi, seperti lingkaran setan," kata dia dalam media briefing program "Cities Changing Diabetes" di Jakarta, Minggu (10/12/2018).

Dicky mengatakan saat ini penderita diabetes perlu menjalani pemeriksaan ada tidaknya TB dalam tubuhnya, lalu sebaliknya mereka yang terkena TB harus mendapatkan pemeriksaan apakah menderita diabetes atau tidak.

"Sekarang pasien diabetes harus skrining ada TB-nya atau tidak. Dan sebaliknya, orang yang terkena TB, ada diabetesnya atau tidak, karena keduanya saling terkait," kata dia.

Tak hanya TB, penderita diabetes juga berisiko mengalami komplikasi lain seperti kebutaan (jika pembuluh darah saraf mata terganggu), gangguan pada ginjal, merasa kebas sehingga tak menyadari adanya luka dan berakibat amputasi (jika saraf terkena) hingga stroke dan gangguan pada kaki.

Selain kesadaran masyarakat untuk melakukan skrining rutin dan menjalani gaya hidup sehat, pemerintah daerah juga ikut andil dalam mencegah diabetes.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, misalnya, yang mencanangkan festival olahraga sepanjang tahun yang mendorong setiap lingkungan terkecil di DKI baik setiap akhir pekan, masyarakat berkumpul melakukan olahraga. Harapannya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro