Ilustrasi anak/Reuters
Health

Gerakan Neurodiversity di Indonesia Dinilai Masih Rendah

Putri Salsabila
Selasa, 11 Desember 2018 - 23:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tingkat penerimaan  masyarakat terhadap pengidap gangguan neurodevelopmental di Indonesia dinilai masih rendah karena belum ada kesadaran secara massif tentang penerimaan pengidap ADHD, bipolar, disleksia dan sindrom kejiwaan lainnya.

Kini, gerakan neurodiversity sudah menggeliat di berbagai negara, namun di Indonesia masih belum ada kesadaran secara massif tentang penerimaan pengidap gangguan neurodevelopmental di masyarakat.

Menurut Surilena, Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, Kepala Departemen Psikiatrik FKIK Unika Atma Jaya, Rumah Sakit Jiwa Atma Jaya, menuturkan bahwa pada umumnya para pengidap gangguan neurodevelopmental dapat bekerja bahkan memiliki IQ jauh di atas rata-rata normal dan superior.

“Mereka memiliki kemampuan di atas rata-rata bahkan superior namun, karena gangguan ini, akademisnya tidak sesuai dengan IQ, hal ini perlu segera ditangani jika tidak, bisa berlanjut hingga lansia, walaupun mereka tetap bisa bekerja,” tuturmya.

Menurutnya, para pengidap gangguan neurodevelopmental ini perlu untuk disembuhkan agar dapat menunjang karir dan cita-cita mereka, Surilena menerangkan perlunya pengobatan secara farmakoterapi.

“Ada masalah diperkembangan sel saraf dan otaknya maka perlu pengobatan farmakoterapi. Mereka (orangtua) sering menolak untuk terapi obat, mereka (orangtua) maunya terapi perilaku, padahal kita tahu untuk mengendalikan dari dasarnya (otak dan saraf) harus dengan obat,” tuturnya.

Sebagai informasi, Kathryn Boundry dalam catatanya, Radical Psychology mengungkap gerakan neurodiversity dipicu oleh pidato Jim Sinclair - seorang autis- dalam konferensi autisme internasional di Toronto.

Kini, gerakan neurodiversity sudah menggeliat di berbagai negara. Gerakan aktivis neurodiversity berusaha menegakkan hak ADHD, bipolar, disleksia dan sindrom kejiwaan lainnya. Di Indonesia masih belum terlihat, padahal gangguan mental ini seharusnya sudah dapat diterima.

ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Putri Salsabila
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro