Ilustrasi/Antara-Rosa Panggabean
Health

Manfaat Bermain untuk Anak dan Orangtua

Rayful Mudassir
Selasa, 11 Desember 2018 - 12:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bermain merupakan agenda penting yang harus dilewati anak saat masih belia. Di samping sebagai kegiatan menyenangkan, permainan bisa menambah kedekatan antaranak dan orangtua.

Psikolog anak Ayoe Sutomo mengatakan secara sederhana permainan dapat memberikan keceriaan bagi sang buah hati. Namun lebih dari itu, sejumlah permainan bisa memberikan stimulasi untuk kembang tumbuh anak.

"Dari permainan juga anak akan lebih dekat secara emosional dengan orangtua, karena dari bermain bisa lebih banyak momen yang ditemukan termasuk bercerita pengalaman di sekolah dengan anak," katanya di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Menurut Ayoe, permainan sama dengan melatih kreativitas anak. Sejumlah permainan bahkan bisa menstimulasi anak untuk mengembangkan imajinasi anak selama bermain. Dalam kondisi tersebut, orangtua disarankan untuk terus mendampingi anak.

Pendampingan orangtua saat bermain cukup penting. Terlebih saat melakukan permainan menang dan kalah. Sebagian anak mengalami kekecewaan yang cukup berarti saat kalah. Saat kondisi tersebut orangtua perlu menjelaskan tentang menang dan kalah adalah sesuatu hal yang biasa.

"Orangtua harus menjelaskan setiap permainan ada menang dan kalah, sehingga saat bermain anak tidak mudah kecewa. Yang pasti permainan tujuan utamanya adalah membuat perasaan bahagia," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro