Nikah massal di Korea Selatan pada Maret 2014./Reuters-Lee Jae^won
Relationship

6 Kesalahan Perempuan dalam Pernikahan

Tika Anggreni Purba
Rabu, 12 Desember 2018 - 00:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ada kalanya perempuan merasa sulit menghadapi pernikahan, khususnya ketika ingin menyampaikan hasrat dan keinginan pada pasangan. 

Rasanya kalau tidak mengungkapkan keinginan, suami tidak peka untuk mengerti. Kalau diungkapkan dengan cara yang tidak bijaksana, malah pertengkaran terjadi. Akhirnya hubungan suami istri tidak menyenangkan. 

Menikah itu mudah, tetapi menjalani pernikahan tidak semudah itu. Berikut beberapa tip dari para ahli untuk istri dikutip dari WebMD.com. 

Inilah enam kesalahan yang sering dilakukan perempuan yang bikin hubungan dengan pasangan tidak menyenangkan. 

1. Terlalu mudah senang

Sebagian perempuan sangat mudah menyerah dengan apa yang diinginkannya. Hal ini yang terkadang membuat posisinya sebagai istri tidak begitu kuat. Istri yang seperti ini cenderung memusatkan dirinya pada kebahagiaan suami tetapi tidak memikirkan dirinya sendiri. Dia cenderung menghindari konflik sehingga mengabaikan dirinya sendiri. Dia hanya memikirkan bagaimana agar pernikahan terlihat bahagia. 

2. Tidak memiliki ekspektasi yang jelas 

Fungsi pernikahan dapat berjalan dengan baik apabila masing-masing pasangan terbuka dengan harapan dan ekspektasi  mengenai pernikahan. Segala sesuatu sebaiknya terbuka misalnya tentang keuangan, mengasuh anak, dan sebagainya. Kesalahan istri adalah sering kali tidak memiliki ekpektasi yang jelas mengenai kehidupan pernikahan yang diinginkannya. Akhirnya ketika dia mendapati pernikahan tidak sesuai harapan, dia menjadi kecewa. 

3. Meremehkan efek dari nada bicara

Nada bicara pada seseorang biasanya menunjukkan maksud tertentu. Adakalanya istri merasa bahwa meninggikan suara saat berbicara adalah hal yang biasa, namun ternyata dianggap tidak sopan dan kasar oleh suami. Kesalahan istri adalah sering kali menaikkan nada bicara untuk mengatakan isi hati dan idenya, tetapi meremehkan dampak dari nada bicaranya. 


4. Salah komunikasi

Jika seorang istri merasa tidak didengarkan oleh suami, dia biasanya berupaya melakukan segala bentuk komunikasi. Sebagian orang mengeluh pada suaminya sepanjang hari, dan dianggap sebagai omelan oleh suaminya. Inilah bentuk komunikasi yang salah. 


5. Tidak menjadikan seks sebagai prioritas

Perempuan yang tidak memberi waktu untuk seks bersama suaminya pastilah sedang melakukan kesalahan dalam hubungan. Seks bersama pasangan adalah kebutuhan bersama yang harusnya dipenuhi. Seks adalah proses membangun keintiman bersama yang diperlukan untuk hubungan asmara yang lebih bahagia.


6. Lupa menghargai suami

Saking fokus mengurus anak, pekerjaan, dan rumah, sebagian istri melupakan hal-hal kecil yang  diperlukan untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangganya. Gestur positif, kalimat manis, sentuhan kasih sayang kadang terlupakan sehingga suami merasa diabaikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Sumber : WebMD.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro