Ilustrasi/Istimewa
Relationship

5 Tanda Pasangan Anda Tidak Berkomitmen

Tika Anggreni Purba
Rabu, 12 Desember 2018 - 00:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Semua orang menginginkan hubungan yang berlandaskan komitmen, tetapi mereka tidak mengenali  apa sebenarnya komitmen itu. Sebagian orang gagal mendapatkan pasangan yang berkomitmen gara-gara tidak mengetahui ciri-cirinya. 

Pasangan yang berkomitmen berarti memiliki keinginan dan hasrat yang kuat untuk menjaga hubungan. Dengan komitmen, kepuasan dapat dirasakan. Komitmen juga menjaga kehangatan ikatan cinta sepasang kekasih.

Ada kalanya pasangan tidak mengatakan langsung apakah dia berkomitmen atau tidak. Tetapi, kita bisa mengenal ciri-cirinya.  Berikut ini ciri atau tanda pasangan Anda tidak memiliki komitmen dalam hubungan:
 
1. Dia mengatakan langsung bahwa dia menghindari komitmen

Mungkin kalimatnya to the point misalnya: “Saya tidak ingin berkomitmen dalam hubungan sekarang,” atau dia menceritakan kisah personalnya tentang hubungan-hubungan jangka pendek yang pernah dilaluinya.  Jika Anda ingin berjalan dalam hubungan yang berkomitmen, ciri-ciri pasangan yang seperti ini tidak cocok untuk Anda.

2. Dia pelit soal waktu

Pasangan yang membatasi waktu bersama Anda perlu dipertanyakan komitmennya. Orang seperti ini cenderung menjadwalkan pertemuan beberapa kali sebulan, seolah tidak ingin mempertahankan hubungan lebih jauh dengan Anda. 

3. Dia tidak menunjukkan kejelasan 

Dalam mengekspresikan kasih sayang pasangan seperti ini cenderung menghindar untuk mengucapkan kalimat cinta dan ekpresi kasih sayang lainnya. Dia kelihatannya tidak mau mengakui Anda sebagai pasangannya. Dalam kehidupan sehari-hari, hubungan percintaan tidak menjadi prioritas utamanya. Dia lebih senang berkumpul dengan teman atau bekerja ketimbang menghabiskan waktu dengan Anda.

4. Dia tidak terbuka secara emosional.

Pasangan seperti ini cenderung tidak mau terbuka dan berbagi mengenai perasaannya pada Anda. Dia tidak menunjukkan kapan dia membutuhkan dukungan Anda dan kapan dia harus menunjukkan empati kepada Anda.  Orang yang takut berkomitmen cenderung menarik diri dan menolak terlibat lebih jauh dengan Anda. Dia menjadi sosok yang kaku dan kelihatan tidak berperasaaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Sumber : webmd.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro