Pasangan suami-istri/Istimewa
Relationship

5 Trik Menghadapi Mertua Yang Menyebalkan

Tika Anggreni Purba
Rabu, 12 Desember 2018 - 01:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sesulit apapun mertua Anda untuk dihadapi, mereka tetaplah orang tua dari pasangan Anda. Walaupun perilakunya menyebalkan, dan sulit rasanya untuk menghadapinya, Anda harus tetap menghargai dan menghormati mereka karena mereka adalah orang berharga bagi pasangan Anda.

Bagaimana caranya menghadapi mertua yang menyebalkan tanpa menyakiti perasaan pasangan Anda? Berikut beberapa anjuran dilansir webmd.com:

1. Amati dan berempati 

Tidak cukup hanya dengan mendengar satu sisi cerita mengenai mertua Anda hanya dari pasangan Anda saja. Sebaiknya Anda mengenali sikap dan kepribadian mereka melalui observasi sendiri. Selama mengamati mertua Anda gunakalah kasih dan empati, sehingga penilaian Anda tidak kabur.

2. Menceritakan pandangan Anda pada pasangan

Anda sebaiknya harus adil dalam memandang mertua. Jangan pandang dengan perspektif pasangan Anda maupun orang lain. Namun, pastikan untuk menceritakan soal pengatamatan Anda pada pasangan ketika pasangan sudah yakin bahwa Anda benar-benar mendukungnya. Setelah itu tawarkan padanya pandangan dan pemikiran Anda mengenai cara menghadapi mertua.

3. Meningkatkan kasih dan penerimaan dalam hubungan keluarga

Semakin lengket dan melekat Anda pada pasangan, akan membuat mertua Anda dapat melihat bahwa cinta akan memenangkan pertandingan. Apabila mertua Anda selama ini sering turut campur dalam hubungan, bisa jadi karena mereka merasa Anda dan pasangan kurang dewasa dalam menjalin rumah tangga. Tunjukkan padanya bahwa Anda dan pasangan dapat mandiri dan bertanggung jawab dalam pernikahan.

4. Menghormati dan menghargai

Sekalipun Anda dan pasangan tidak menyukai sikap dan perilaku mertua, tetaplah hargai dan hormati mereka. Menghomati misalnya dengan mau mendengar opini atau pendapat mereka. Sekalipun Anda tidak setuju, dengan pandangannya, jangan pernah merendahkan atau meremehkan mereka. Tetapi kalau karena ini mereka tidak menghargai Anda, minta dengan sopan agar mereka menghentikan apa yang mereka perbuat.

5. Jadilah tim dengan pasangan

Apapun yang terjadi, ingatlah bahwa kekuatan terrbesar yang bisa Anda miliki adalah ketika bersatu dengan pasangan. Pastikan untuk saling mendukung satu dengan lainnya dalam keadaan apapun ketika mertua mengulah. Intinya hadapi mertua yang menyebalkan bersama dengan pasangan Anda. Jangan berjalan sendirian.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Sumber : webmd.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro