Show

Lukisan Affandi terjual Rp 3,9 miliar

Inria Zulfikar
Selasa, 31 Mei 2011 - 03:06
Bagikan

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;mso-para-margin:0in;mso-para-margin-bottom:.0001pt;mso-pagination:widow-orphan;font-size:11.0pt;font-family:"Calibri","sans-serif";mso-ascii-font-family:Calibri;mso-ascii-theme-font:minor-latin;mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-fareast-theme-font:minor-fareast;mso-hansi-font-family:Calibri;mso-hansi-theme-font:minor-latin;mso-bidi-font-family:"Times New Roman";mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Oleh Herry Suhendra

JAKARTA: Lukisan Affandi berjudul Ayam Jago ((Man with a Fighting Rooster) terjual dengan harga HK$3.620.000 (US$465.170- Rp 3,9 miliar) dalam lelang kemarin di Hong Kong.

Selain lukisan karya Affandi, lukisan karya seniman asal kelahiran Belgia yang menetap di Bali dan menjadi warga negara Indonesia, Adrien-Jean Le Mayeur de Merprs, terjual dengan harga HK$7.700,000 (US$989.450-Rp8,45 miliar) dan menjadikan rekor serta merupakan penjualan tertinggi dari seniman Indonesia.

Dalam lelang karya seni bertema Southeast Asian Modern and Contemporary Art Christies Hong Kong meraih penjualan total HK$49 juta (US$6,3 juta), 90% terjual dengan harga yang ditentukan dan 76% lots (jumlah karya seni) yang ditawarkan.

Keberhasilan dalam lelang ini merupakan contoh yang lar biasa perbedaan dari kategori seni Asia Tenggara, kata pimpinan Balai Lelang Christies untuk bidang Southeast Asian Modern and Contemporary Art Ruoh-Ling Keong hari ini.

Hasil positif dalam penjualan kategori ini juga menunjukkan keseimbangan dua pilar yaitu seni modern dan seni kontemporer, dimana keduanya menghasilkan penjualan yang signifikan.

Hasil tertinggi yang diraih dari dua penjualan karya Adrien-Jean Le Mayeur de Merprs berjudul Temple Festival in Bali dengan harga HK$7.700.000 (US$989.450) dan karya Affandi Ayam Jago (Man with a Fighting Rooster) dengan harga HK$3.620.000 (US$465.170), menunjukkan kekuatan permintaan atau pasar terhadap karya yang sudah langka.

Selain itu kombinasi seniman muda dan seniman senior yang sudah mapan dalam lelang ini membuat 15 rekor penjualan. Dua rekor dalam seni modern diraih lukisan berjudul La Piedra IV karya Fernando Zobel yang terjual empat kali lipat dari harga estimasi sebesar HK$1.580.000 (US$203.030),dan lukisan berjudul Anxiety karya BenCab yang terjual HK$740.000 (US$95.090).

Hasil penjulan karya seni dari seniman muda dalam lelang ini cukup menggembirakan dimana pasar dapat menerima mereka setelah beberapa kali muncul dalam lelang dan mencapai rekor seperti seniman asal Filipina Jos John Santos III, Patricia Eustaquio dan seniman muda Indonesia Indieguerillas.

Seni kontemporer Filipina tumbuh dan berkembang secara mengesankan yang ditunjukkan dalam lelang ini, dimana sebanyak 95% dari jumlah karya seni para seniman tersebut terjual. Ini merupakan hasil yang istimewa dan secara berkesinambungan mendorong pasar seni rupa ke depan khususnya untuk kategori

Southeast Asian Art, kata Ruoh-Ling Keong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Inria Zulfikar
Editor : Mursito
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro