Show

BBJ putar film Elizabeth Taylor

Inria Zulfikar
Minggu, 24 Juli 2011 - 08:05
Bagikan

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;mso-para-margin:0in;mso-para-margin-bottom:.0001pt;mso-pagination:widow-orphan;font-size:11.0pt;font-family:"Calibri","sans-serif";mso-ascii-font-family:Calibri;mso-ascii-theme-font:minor-latin;mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-fareast-theme-font:minor-fareast;mso-hansi-font-family:Calibri;mso-hansi-theme-font:minor-latin;mso-bidi-font-family:"Times New Roman";mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Oleh Herry Suhendra

JAKARTA: Bentara Budaya Jakarta (BBJ) memutar tujuh film Elizabeth Taylor mulai hari ini 22 Juli sampai besok 23 Juli 2011. Ketujuh film itu adalah National Velvet, Giant, Elizabeth Taylors Story, Cat on a Hot Thin Roof, Butterfield 8, Cleopatra dan Whos Afraid of Virginia Woolf.

Elizabeth Taylor adalah bintang film paling memukau dan kontroversial dalam sejarah Hollywood. Luar biasa cantik dan sempat dijuluki penyerobot suami orang, Liz Taylor memang sempat kawin cerai sebanyak delapan kali. Kendati dia memperoleh dua Oscar sebagai aktris terbaik, bakatnya sebagai bintang film dinilai tidak kelewat luar biasa.

Dunia mengenal artis yang meninggal pada usia 79 tahun tanggal 23 Maret 2011 lalu ini sebagai tokoh yang amat peduli pada penanggulangan AIDS. Yayasan yang didirikannya, American Foundation for AIDS Research (AmFAR) merupakan lembaga penghimpun dana terbesar bagi riset AIDS di dunia. Liz Taylor dikenal bersahabat akrab dengan Rock Hudson yang meninggal karena AIDS dan raja pop Michael Jackson.

Elizabeth Rosemond Taylor dilahirkan di London pada 27 Februari 1932. Kedua orangtuanya adalah warga Amerika. Ayahnya adalah pedagang lukisan yang ditugaskan mengelola galeri lukisan di London, sedang ibunya adalah pemain drama. Liz Taylor tinggal di London hingga usia tujuh tahun, sebelum pindah ke Los Angeles.

Salah seorang sahabat keluarga melihat kecantikan Liz Taylor menyarankan ia diikutkan tes bakat sebagai bintang film cilik. Universal Pictures langsung terpukau, dan mengontraknya untuk sebuah film yang dirilis tahun 1942. Kontraknya tak diperpanjang, namun Liz Taylor langsung disambar oleh MGM. Setelah beberapa kali menjadi pemeran pembantu, dia pertama kali menjadi bintang utama untuk film National Velvet (1944), yang waktu itu begitu sukses hingga menghasilkan 4 juta dollar AS.

Pemutaran film ini untuk mengenang kepergian Liz Taylor yaitu enam film yang dibintanginya secara retrospektif dan satu film dokumenter tentang tentang dirinya. Film pertama adalah National Velvet (124 menit). Gara-gara main film itu, yang mengisahkan persahabatan seorang gadis cilik yang diperankan Liz dengan kuda bernama Velvet, dia sempat terjatuh dari kuda, dan Liz Taylor terus mengalami masalah dengan bekas cedera di pinggangnya hingga hari tua.

Film kedua, Giant (1956, 210 menit), sebuah film drama yang dibintanginya bersama Rock Hudson dan James Dean. Film ketiga, Cat on a Hot Thin Roof (1958, 108 menit) dibuat berdasarkan naskah drama Tennessee Williams yang memenangi Hadiah Pulitzer. Film tentang drama perkawinan ini diperankan Paul Newman dan Liz Taylor yang dalam kehidupan riel sedang berkabung karena suami ketiganya, Michael Todd tewas dalam kecelakaan pesawat terbang.

Film keempat, Butterfield 8 (1960, 108 menit), menghantar Liz Taylor meraih Oscar pertamanya sebagai aktris terbaik. Film drama romantik ini dimainkannya bersama suami keempatnya, Edddie Fisher. Film kelima, Cleopatra (1963, 246 menit), sebuah film kolosal/epik sejarah yang menghabiskan dana 60 juta dollar AS dan dibuat di Inggris dan Amerika. Liz Taylor sempat kolaps dan nyaris meninggal di tengah pembuatan film di Inggris karena sakit akibat cederanya dahulu. Film ini dibintanginya bersama Richard Burton, yang kemudian menjadi suami kelima Liz Taylor (sempat cerai, lalu menikah lagi dan cerai lagi).

Film keenam, Whos Afraid of Virginia Woolf (1966, 150 menit), sebuah film drama perkawinan yang juga dimainkan bersama Richard Burton. Liz Taylor kembali meraih Oscar sebagai aktris terbaik. Untuk membahas pribadi Liz Taylor yang kompleks, disajikan film dokumenter The Elizabeth Taylor Story (2011, 86 menit) dan diskusi bersama pengamat film Ronny P. Tjandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Inria Zulfikar
Editor : Mursito
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro