Relationship

TIPS KESEHATAN: Olahraga & konsumsi kafein dapat cegah kanker kulit

News Editor
Kamis, 5 April 2012 - 10:44
Bagikan

WASHINGTON: Ingin terhindar dari kanker kulit? Beberapa peneliti AS memberikan tipsnya yang cukup sederhana untuk dilakukan yakni berolahragalah yang cukup dan konsumsi kafein.

 

Temuan itu disajikan dalam American Association for Cancer Research Annual Meeting 2012 yang diselenggarakan di Chicago pada 31 Maret – 4 April 2012.

 

Para peneliti AS mengevaluasi dampak dari kafein dan olah raga pada tikus dengan risiko tinggi untuk terserang kanker kulit. Dan hasilnya memperlihatkan tikus yang mengonsumsi satu dosis kafein dan ‘berolahraga’ dengan roda berputar menghadapi kemungkinan terserang tumor kulit 62% lebih rendah.

 

Volume tumor juga turun sampai 85%  dibandingkan dengan tikus yang tidak mengonsumsi kafein atau berolahraga. Dampak positif ditemukan pada kafein atau olahraga saja, tetapi dengan tingkat yang lebih rendah.

 

Para peneliti mengamati 27%  pengurangan tumor pada tikus yang hanya mengonsumsi kafein dan 61% pengurangan pada ukuran tumor.

 

Pada tikus yang hanya berolahraga, para peneliti mendapati kegiatan tumor berkurang sampai 35% dan volume tumor turun sampai dengan 70%.

 

“Kami mendapati perawatan gabungan ini dapat menurunkan pembentukan kanker kulit yang disebabkan oleh sinar matahari pada contoh tikus,” kata Yao-Ping lu, pembantu profesor peneliti di Rutgers University.

 

Dia menambahkan “Saya percaya kami dapat meramalkan temuan ini pada manusia dan memperkirakan kita akan memperoleh manfaat dari perawatan gabungan ini.” (antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Newswire
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro