TIPS SEHAT: Ingin terhindar OBESITAS? Anda bisa ngemil kacang

Biasanya kacang dihindari oleh mereka yang sedang berdiet karena kandungan lemaknya. Tapi, menurut penelitian terbaru, memakan kacang-kacangan justru dapat mencegah obesitas.
News Editor | 20 April 2012 12:42 WIB

Biasanya kacang dihindari oleh mereka yang sedang berdiet karena kandungan lemaknya. Tapi, menurut penelitian terbaru, memakan kacang-kacangan justru dapat mencegah obesitas.

 

Penelitian tersebut menemukan bahwa dengan mengonsumsi berbagai jenis kacang, seperti almond, mete, dan pistachio memudahkan seseorang untuk menurunkan berat badan. Selain itu, mereka cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) dan pinggang yang lebih ramping, dibandingan dengan mereka yang tidak makan kacang.

 

Para pengonsumsi kacang ini juga memiliki risiko sakit jantung, diabetes, dan terkena sindrom metabolisme yang lebih rendah. Ahli kesehatan pun akhirnya menyarankan untuk mengonsumsi kacang setiap harinya sekitar 1,5 ons atau tiga sendok makan kacang sebagai bagian dari diet sehat.

 

Carol O’Neil, kepala peneliti dari Louisiana State University, menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi beberapa jenis kacang tersebut secara rutin bisa membuat tubuh sehat dan lingkar pinggang lebih ramping.

 

Dalam peneliti yang dipublikasikan di Journal of the American College of Nutrition ini melibatkan lebih dari 13.000 pria dan wanita. Mereka dibedakan sebagai pengonsumsi kacang yang makan lebih dari 1,5 ons kacang tiap harinya.

 

Beberapa jenis kacang yang dikonsumsi diantaranya, almond, kacang Brasil, kacang mete, hazelnut, kacang macadamia, kacang pecan, pistachio, dan walnut. Mengonsumsi jenis kacang-kacangan ini terbukti meningkatkan kolesterol baik dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

 

Sebagai tambahan, kacang-kacangan juga mencegah obesitas, darah tinggi, serta menurunkan kadar gula. Dr. O’Neil juga menambahkan bahwa kacang-kacangan selama ini selalu menjadi bagian dari diet sehat yang disarankan oleh para ahli nutrisi dan kesehatan. (DailyMail/aw)

 

>> BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

+ Berita BISNIS INDONESIA hari ini: Akuisisi Danamon bikin CEMAS?

+ DBS janji pertahankan merk DANAMON

+ INDONESIAN BONDS sets for Weekly GAIN

+ NAZARUDDIN kok cuma divonis 4 TAHUN

+ MANCHESTER UNITED Value rises to $2.2 Billion

+ DAHLAN ISKAN mengintili TIGA PEREMPUAN

+ FIFA ban Indonesian football coach AJI SANTOSO

 

Sumber : JIBI/Kabar24.com

Tag :
Editor : Rezza Aji Pratama

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top