FILM INDONESIA: Merah Putih berkibar di Moskow!

 
Tusrisep
Tusrisep - Bisnis.com 29 April 2012  |  00:37 WIB

 

 

JAKARTA: Film Indonesia, Dilema secara mengagumkan sukses mengibarkan Sang Saka Merah Putih untuk pertama kalinya dalam Festival Film Detektif di Moskow yang dihelat di Moskow sejak 25 April lalu. 

"Dilema menang, sebagai Best Feature Film dalam International festival of Detective Film Moscow, DetectiveFEST (Law and Society)," ujar M. Aji Surya, Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Moskow kepada Bisnis melalui  blackberry messenger, hari ini 

Menurut Aji yang mewakili Dubes RI, Dilema menekuk film-film dari Inggris, Lithuania, Portugal, Jerman, Itali, Republik Ceko, Iran, China, Selandia Baru, Bulgaria, Turki, Argentina Rusia dan lainnya 

Kemenangan Dilema disaksikan para pemeran dan kru film ini a.l  sang sutradara Wulan Guritno, Jajang C. Noer, Adila Dimitri, Robby Ertanto dan Rahman Fajar Ardiansyah. 

Film yang tergolong omnibus ini cukup unik. Terdiri dari empat cerita dengan empat sutradara terpisah namun berujung pada satu ending bersama. Film bercerita tentang sisi gelap sebuah kota (Jakarta) dimana orang-orangnya menghadapi masalah rumit dan saling terkait satu dengan lainnya. 

Dalam film ini tersaji masalah perjudian, seks, mafia, ormas hingga korupsi. Selain Adila, sutradara lainnya adalah Robby Ertanto, Robert Rony dan Aldi Puspoyo. 

"Mungkin inilah film omnibus pertama di dunia yg disutradari empat orang dan berujung satu ending. Pesan film ini simpel, kebaikan dan kejahatan itu seperti penyakit yang bisa menular dari satu ke orang lainnya," ujar Adila yang juga merangkap film director. 

Awalnya tim film Dilema  tidak menargetkan sesuatu di Moskow. Dilema menjadi nominasi best picture dan antihero pada festival yang dihelat di kota ujung dunia. 

M. Aji Surya menyambut gembira kemenangan Dilema dalam festival film internasional di Moskow karena menunjukkan bahwa industri kreatif Indonesia semakin maju dan mendapatkan pengakuan serius secara internasional. 

"Kita juga akan memutarnya di Universitas Hubungan Internasional MGIMO agar lebih dikenal di kalangan muda Rusia," ujarnya.

Menurut rencana, setelah pulang dari Moskow awak Dilema akan mempromosikan film ini di Silk Screen Asian Film Festival di Pittsburg Amerika Serikat.(msb)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Algooth Putranto

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top