Show

FESTIVAL SENI ANYAM: Dibuka Tadi Malam, Promosi Budaya Kaltim

Ismail Fahmi
Kamis, 28 Maret 2013 - 04:48
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA -- Festival seni anyam digelar mulai Rabu (28/3)  malam, sebuah bentuk promosi budaya Kalimantan. Festival yang dibuka oleh tarian kuwai asal Kalimantan Timur itu dihadiri pecinta budaya Kalimantan.

Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Agustin Teras Narang mengatakan festival anyaman menunjukkan kayanya kebudayaan Indonesia dan kuatnya kepribadian bangsa.

"Anyaman memperlihatkan hubungan yang begitu kuat antara manusia, lingkungan, dan maha kuasa," kata Agustin saat menghadiri pembukaan festival seni anyam, Rabu (27/3).

John Mc Glynn, pendiri Yayasan Lontar, mengatakan adikriya Kalimantan belum cukup mendapat perhatian masyarakat. Lewat festival, kondisi tersebut bisa berubah. Festival yang diprakarsai Yayasan Bhakti Total Bagi Indonesia Lestari dan Yayasan Lontar itu diselenggarakan pada 27 Maret hingga 7 April 2013 di Bentara Budaya Jakarta.

Selain festival, pada pembukaan tadi diluncurkan sebuah buku bertajuk Plaited Arts from The Borneo Rainforest. Buku yang disunting Bernard Sellato itu merupakan hasil riset mendalam tentang Borneo. Di dalamnya terdapat lebih dari 1.250 ilustrasi termasuk foto berwarna, peta baru, dan foto koleksi antik. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Others
Sumber : Gloria Natalia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro