Show

TARI JAWA: Padnecwara Gelar Lelangen Beksan di TIM

Bunga Citra Arum Nursyifani
Minggu, 26 Mei 2013 - 08:02
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Kelompok tari Jawa Padneçwara menggelar pertunjukan tari bertajuk Lelangen Beksan yang menampilkan beberapa tarian Jawa klasik lengkap dengan alat musik gamelan.

Pagelaran itu diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, pada 25-26 Mei 2013. Pertunjukan tahun ini merupakan kali ketiga, setelah sempat ditampilkan di Teater Luwes pada 2008 dan Teater Salihara pada 2009.

Retno Maruti, pemimpin dan pendiri kelompok tari Padneçwara, mengatakan Lelangen Beksan selain sebagai upaya pelestarian tari Jawa, juga merupakan wujud dari tahapan proses latihan rutin anggotanya.

"Semoga pagelaran ini, selain diharapkan dapat digelar tiap tahun, dapat juga memunculkan bakat-bakat baru penari Jawa, untuk menjaga semi tradisi Indonesia," ujarnya di sela pagelaran tersebut, Sabtu (25/5/2013).

Lelangen Beksan berasal dari bahasa Jawa yang jika diartikan kurang lebih adalah "tarian yang indah". Dalam pagelaran ini, para penari menampilkan tarian bertajuk Sekar Puri, Sukaretna, Retna Pamudya, Sancaya Kusumawicitra, dan Kumolobumi.(bca/yop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro